Ujian Nasional di 7.450 Sekolah Masih Berbasis Kertas dan Pensil

Education school test concept : Hands student holding pencil for testing exams writing answer sheet or exercise for taking fill in admission exam multiple carbon paper computer at university classroom 
baturajaradio.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun, hanya 7 provinsi di Indonesia yang telah sepenuhnya UNBK.

Total ada 105.743 sekolah akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) 2020 di Indonesia. Sebanyak 98.293 sekolah akan melakukan UNBK. Sementara 7.450 sekolah masih melakukan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

"Ada beberapa provinsi yang sepenuhnya melakukan UNBK. Ada 7 Aceh, Bangka Belitung, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Timur dan Kalimantan Selatan," kata Plt Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, dan Perbukuan Kemendikbud Totok Suprayitno, di Kemdikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).


Totok mengatakan jenjang pendidikan yang masih sedikit dalam melaksanakan UNBK adalah SMP. "Yang masih banyak terganjal (menggunakan komputer) di SMP," ujar Totok.

Sementara itu, Plt Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Harris Iskandar, mengatakan kendala tersebut terjadi akibat sekolah tidak memiliki sarana komputer yang memadai.

"(Kendalanya) itu karena tidak mempunyai prasarana komputer. Jadi kalau teman-teman sekalian kalau mau lihat dari jenjang itu (hampir semua berbasis UNBK) kebalikannya ya. Di SMA sudah penuh (pakai UNBK) di SMP lebih banyak yang kurangnya, di SD lebih banyak lagi," ujar Harris.

Harris mengatakan Kemdikbud akan mulai mencicil kelengkapan sarana dan prasarana yang kurang di sekolah. Dia berharap kelengkapan sarana tersebut dapat dilengkapi selama 2 tahun mendatang.

"Jadi di SMP kita mencicil untuk perlengkapan sarana komputer di sekolah. Tapi ini untuk di setiap zonasi sudah ada. Jadi paling jauh itu di zonasi mereka numpang. Insyallah 2, 3 tahun lagi akan lengkap," ucap Harris.

Seperti diketahui, Ujian Nasional tahun 2020 akan dimulai pertama kali di jenjang SMK pada tanggal 16-19 Maret 2020. Adapun jadwalnya sebagai berikut:

1. UN SMK/MAK pada tanggal 16-19 Maret 2020.

2. UN SMA/MA Sederajat pada tanggal 30 Maret-2 April.

3. UN Pendidikan Kesetaraan Program Paket C/Ulya pada tanggal 4-7 April 2020.

4. UN SMP/MTs pada tanggal 20-23 April 2020.

5. UN Pendidikan Kesetaraan Program Paket B/Wustha pada tanggal 2-4 Mei 2020.

Sumber>>
https://news.detik.com/berita/d-4935236/ujian-nasional-di-7450-sekolah-masih-berbasis-kertas-dan-pensil?tag_from=wp_nhl_19

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.