Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

WASPADA! BMKG Catat Daerah di Sumsel Ini Berpotensi Terkena Longsor, Banjir Bandang, Puting Beliung

Pantauan satelit BMKG terkait meningkatnya curah hujan di Sumsel,  Rabu (1/1/2020).baturajaradio.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Palembang mengimbau kepada seluruh masyarakat Sumsel agar waspada bencana Hidrometeorologi (Angin Kencang/Puting Beliung, Banjir, Tanah Longsor, Banjir Bandang dsb) akibat hujan lebat disertai petir dan angin kencang, Rabu (1/1/2020).

Kasi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Bambang Beny Setiaji mengatakan seiring masuknya musim hujan di wilayah Sumsel pada skala meteorologi dengan indikasi menguatnya Angin Muson Cina Selatan yang sarat uap air dan melalui wilayah Indonesia.


Wilayah Sumsel pada khususnya, akan terjadi peningkatan curah hujan dan adanya potensi hujan disertai petir dan angin kencang yang umumnya terjadi pada siang-sore hari.
Sedangkan potensi hujan ringan-sedang yang berlangsung lama (kontinyu) terjadi pada malam-dini hari.

"Kondisi curah hujan saat ini alami peningkatan dengan menguatnya Angin Muson Cina.
Kondisi ini membuat Sumsel rentan terkena bencana Hidrometeorologi," katanya.

Menurut data BMKG, tercatat pada Citra Satelit dan Radar Cuaca BMKG 3 (tiga) hari terakhir telah terjadi peningkatan dan kontinyuitas (terus menerus).

Curah hujan di wilayah Sumsel bagian barat yakni pada wilayah dataran tinggi (Bukit Barisan) yang akan berdampak potensi adanya bencana banjir bandang dan tanah longsor pada wilayah Kabupaten Musi Rawas, Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, Kabupaten Muratara, Muba, PALI, dan Muara Enim.

Sedangkan Potensi Bencana angin kencang, puting beliung dan berpotensi melanda Pagar Alam, Prabumulih, Banyuasin, Palembang, OKI, OI, OKU Timur, OKU dan OKU Selatan.


"Tiga hari terakhir peningkatan curah hujan terus menerus. Beberapa wilayah di Sumsel berpotensi terkena bencana," jelas Bambang.

Dengan kondisi cuaca buruk seperti saat ini, BMKG mengimbau kepada masyarakat dan stakeholder terkait untuk tetap waspada dan update Informasi dan Peringatan Dini Cuaca dari BMKG dan melakukan tindakan preventif meminimalisasi dampak Bencana Hidrometeorologi.

"Kami imbau masyarakat tetap waspada, khususnya pada wilayah-wilayah yang berpotensi terkena bencana dampak musim hujan," tuturnya. 

Wilayah berpotensi banjir bandang dan longsor :

Musi Rawas
Lubuk Linggau
Empat Lawang
Lahat
Muratara
Muba
PALI
Muara Enim


Daerah berpotensi puting beliung:

Pagaralam
Prabumulih
Banyuasin
Palembang
OKI
OI
OKU Timur
OKU
OKU Selatan.



Sumber >>https://palembang.tribunnews.com/2020/01/01/waspada-bmkg-catat-daerah-di-sumsel-ini-berpotensi-terkena-longsor-banjir-bandang-puting-beliung?page=2.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.