Banner

Banner
Kapolres OKU

Memperbaiki Kartu Memori Yang Tidak Terbaca




Baturaja Radio.com - Kartu memori adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyimpan berbagai data digital seperti gambar (Foto), video dan audio yang biasa terdapat didalam sebuah gadget seperti handphone, kamera digital, dll. Walaupun bentuk dari kartu memori itu kecil, tetapi memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup memadai sesuai ukurannya masing-masing seperti 128 MB, 512 MB, 1 GB, hingga lebih besar lagi. Jenis kartu memori bermacam-macam diantaranya Memory Stick (Stick Pro, Stick Duo, dan Stick Micro M2), Multimedia Card (RS-MMC), Secure Digital Card (Mini SD, Micro SD), dan yang lainnya.

Sebagai alat penyimpanan eksternal yang penting bagi sebuah handphone, kartu memori juga dapat mengalami kerusakan. Terkadang setelah beberapa lama digunakan, kartu tersebut tidak bisa terbaca lagi  Banyak faktor yang menyebabkan kartu memori menjadi rusak atau tidak terbaca, salah satunya bisa disebabkan oleh virus atau karena kartu telah kotor. 

Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca :

Membersihkan kartu memori
Keluarkan kartu memori dari dalam handphone Anda, bersihkan lempengan tembaga pada kartu memori tersebut dengan penghapus pensil. Setelah dirasa bersih, masukan kembali kartu tersebut ke slot kartu memori di dalam handphone Anda, dan periksa apakah kartu tersebut sudah bisa terbaca atau belum.
Menggunakan Komputer

- Format kartu memoriSiapkan card reader, keluarkan kartu memori dari handphone Anda, kemudian masukan ke dalam card reader. Masukan card reader tersebut ke slot usb pada komputer Anda, lalu buka windows explorer. Klik kanan pada drive tempat kartu memori (E, F, atau H), kemudian pilih format. Ganti file system menjadi FAT, beri centang pada Quick Format dan klik Start. Biarkan proses hingga selesai. Setelah selesai dan eject, masukan kembali kartu memori ke hp Anda.

- Scan kartu memoriSiapkan card reader, keluarkan kartu memori dari handphone Anda, kemudian masukan ke dalam card reader. Masukan card reader tersebut ke slot usb pada komputer Anda, lalu buka windows explorer. Klik kanan pada drive tempat kartu memori (E, F, atau H) kemudian pilih Properties, klik Tools dan klik Check Now. Beri centang pada "Automatically check system for error" & "Scan for and attemp recovery of bad sectors", lalu klik star dan biarkan hingga proses selesai. Setelah selesai dan eject, masukan kembali kartu memori ke dalam handphone Anda.

- Format dengan Command PromptSiapkan card reader, keluarkan kartu memori dari handphone Anda, kemudian masukan kedalan card reader. Masukan card reader tersebut ke slor usb pada komputer Anda. Klik Start - Run, kemudian ketik CMD lalu enter. Setelah muncul jendela  Command Prompt, ketikan 'Format G:/FS:FAT', kemudian enter (G adalah lokasi drive kartu memori, bila berada di F atau di H, maka tuliskan huruh tersebut). Tunggu proses hingga selesai dan eject, lalu masukan kembali kartu memori ke dalam handphone Anda.
Anda juga dapat menggunakan pengaturan yang ada di handphone untuk melakukan format kartu memori. Memformat kartu memori akan menghilangkan data yang telah tersimpan secara keseluruhan. Jika melalui komputer file yang ada pada kartu memori dapat terbaca, sebaiknya lakukan scan untuk membersihkan virus yang kemungkinan menjadi penyebab kartu memori tidak terbaca di handphone Anda, kemudian copy file-file tersebut dan pindahakan ke folder lain. Setelah Anda selesai melakukan format kartu memori, simpan kembali file-file yang tadi Anda copy ke dalam kartu memori tersebut. Masukan kembali ke dalam handphone Anda. 

Itulah beberapa cara memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca di handphone Anda. Jika semua cara telah Anda lakukan, tetapi kartu memori tetap tidak berfungsi, sebaiknya Anda tukar dengan yang baru demi kenyamanan Anda sendiri. Semoga atikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.