Banner

Banner
Pemkab OKU

Kepala BNPB Doni Munardo Sebut 99 Persen Penyebab Karhutla Ulah Manusia

Kepala BNPB Doni Munardo Sebut 99 Persen Penyebab Karhutla Ulah Manusiabaturajaradio.com - Kepala Badan Penanggulanan Nasional (BNPB), Doni Munardo menyebut faktor pencentus terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) 99 persen dikarenakan ulah manusia dan satu persennya barulah faktor alam.

"sejumlah pakar menyebut 99 persen karena human error. Ada yang disengaja dan tidak. Untuk tidak disengaja seperti membuang puntung rokok dan membakar sampah.

Sedangkan yang disengaja, seperti membakar ladang karena tradisi masyarakat yang ingin membersihkan lahan lebih cepat dan kedua karena dibayar atau disuruh. Berdasarkan data faktor oknum yang dibayar menjadi penyebab kebakaran lahan terbesar," jelasnya, Selasa (9/7/2019)

Doni Menambahkan, Oleh karenanya, kita harus konsen mencari akar masalah yang menjadi penyebab kebakaran. Namun, harus ada sebuah pola agar pendekatan terhadap masyarakat bisa tepat.

"Dengan jumlah personil 1.512 personil gabungan diharapkan bisa menjadi cara yang baik untuk lebih dekat dengan masyarakat. Sebab, nantinya personil ini akan ditempatkan dipemukiman warga ," ujarnya

Sebagai badan lembaga yang dibentuk pemerintah, BNPB tidak dapat bekerja sendiri. Meski dihadapkan banyak faktor keterbatasan, namun ini bukanlah alasan dan tak perlu berkecil hati. (Cr26)



(https://palembang.tribunnews.com/2019/07/09/)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.