Ini 10 Negara Terbersih di Dunia yang Bikin Betah Buat Traveling

Ini 10 Negara Terbersih di Dunia yang Bikin Betah Buat Travelingbaturajaradio.com -Yale Center for Environmental Law & Policy (YCELP) dan Center for International Earth Science Information Network (CIESIN) di Kolumbia mengembangkan suatu Indeks tentang Perlindungan Lingkungan Hidup yang dinamai dengan Environment Protection Index (EPI).

Indeks ini melakukan penilaian terhadap 178 negara di dunia dan menyusun peringkat sesuai dengan Indeks tersebut. Indeks Perlindungan Lingkungan atau Environment Protection Index (EPI) ini meliputi 20 Indikator yang terdiri dari Kualitas Udara, Air, Perlindungan Habitat serta dampak lingkungan terhadap kesehatan populasinya. Pada tahun 2016 lalu, EPI telah merilis daftar negara yang memiliki Kualitas Udara, Air, Perlindungan Habitat yang tinggi. Negara mana sajakah?


1. Finlandia
Negara yang ber ibu kota di Helsinki ini menepati urutan pertama sebagai negara terbersih di dunia dengan meraih skor 90,68. Sudah lama kita tahu jika Finlandia selalu masuk dalam daftar negara-negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Tidak hanya itu, Finlandia juga menduduki peringkat teratas dalam beberapa bidang, seperti pendudukan, kekompetitifan ekonomi, kebebasan sipil, kualitas hidup, dan pembangunan manusia.

Kamu gak bakalan nyesel menjadikan Finlandia dalam list kunjunganmu, karna banyak daerah di Finlandia yang murni dan perawan sebab memiliki 35 taman nasional mulai dari pesisir selatan Teluk Finlandia hingga ke Laplandia yang terjaga kualitas ekosistemnya.


2. Islandia
Negara kedua yang mendapat predikat negara terbersih di dunia adalah Islandia. Negara ini berhasil mengumpulkan skor 90,51 dalam Environmental Performance Index. Islandia dikenal memiliki alam yang belum terjamah dan nuansanya yang unik. Oleh karena itu tidak heran jika pariwisata Islandia mengalami perkembangan yang cukup pesat selama 15 tahun terakhir.

Bahkan pada tahun 2015, industri pariwisatanya mampu mencakup sekitar lima persen dari jumlah total PDB Islandia, jumlah wisatawan asing melebihi 1.000.000 orang, dan sektor pariwisata menyumbang 30 persen sumber pendapatan ekspor negara.


3. Swedia
Di urutan ke 3 ada negara Swedia yang berhasil meraih 90,43 poin. Swedia merupakan salah satu negara di eropa utara yang indah dan menjadi tujuan wisata utama di kawasan skandinavia. Negara yang menganut sistem kerajaan ini mempunyai berbagai tempat wisata yang sangat indah. Salah satu tempat wisata yang terkenal dari negara terluas ketiga di Uni Eropa ini adalah Pulau Gotland.


4. Denmark
Negara terkecil di Uni Eropa ini menempati urutan ke empat dalam masalah kebersihan dengan perolehan skor 89,21. Jika kamu hendak pergi ke Denmark, maka kamu perlu mengetahui musim yang sedang berjalan disana karena musim gugur adalah musim paling basah, dan musim semi adalah musim paling kering di negara ini. Tapi, musim dingin di negara ini tidak terlalu dingin.

Karena Denmark ada di belahan utara, panjangnya siang, dan malam bervariasi. Pada musim dingin matahari terbit pukul 09.00, dan terbenam pukul 16.00, sedangkan pada musim panas matahari terbit pukul 02.15, dan terbenam pukul 22.00. Jadi saat di Denmark, jam 10 malam kamu masih bisa melihat matahari!


5. Slovenia
Slovenia adalah negara yang indah dan bersih dengan lokasi yang fantastis di jantung Eropa. Maka gak heran jika negara ini masuk 5 besar sebagai negara terbersih di dunia. Slovenia merupakan negara dengan lokasi yang paling strategis karna dikelilingi oleh Pegunungan Alpen Timur, Laut Adriatik, Balkan, Italia, Kroasia dan Hungaria, sehingga dapat diakses dari berbagai lokasi di Eropa.

Di negara ini kamu bisa menikmati wisata seperti bangunan kastil tua, gua, pantai, danau, ngarai, dan kalau kamu suka mendaki, gak ada salahnya mencoba mendaki salah satu gunung di Slovenia.


6. Spanyol
Negara asal klub sepak bola Barcelona dan Real Madrid ini menempati urutan ke 6 dengan perolehan 88,91. Seperti nama 2 klub besarnya, priwisata utama di negara ini terletak di dua kota terkenalnya yakni Madrid dan Barcelona. Spanyol merupakan negara paling banyak dikunjungi turis di dunia kedua setelah Perancis, gak heran apabila mereka bisa menarik sebanyak 60 juta lebih orang per tahunnya.


7. Portugal
Negara kelahiran pesepakbola Christiano Ronaldo ini masuk di urutan ke 7 sebagai negara terbersih di dunia dengan skor 88,63. Walaupun wilayahnya tidak sebesar Spanyol, Portugal merupakan negara yang sangat maju karena kondisi perekonomian, politik dan sosialnya sangat luar biasa stabil, bahkan dapat dipertahankan dengan baik bersama dengan tingginya Indeks Pembangunan Manusia.


8. Estonia
Negara yang menggunakan bahasa Esti sebagai bahasa nasionalnya ini menempati urutan ke delapan dengan skor 88,59. Di Estonia banyak tempat-tempat indah dan bersih yang bisa dikunjungi saat liburan. Salah satunya adalah wisata danau. Estonia memiliki lebih dari 1.400 danau. Sebagian besar dari danau-danau ini berukuran kecil, yang terbesar adalah Danau Peipsi. Tau gak sih kalau aplikasi Skype ditulis oleh para pengembang yang berasal dari Estonia, mereka adalah Ahti Heinla, Priit Kasesalu, dan Jaan Tallinn.


9. Malta
Negara kecil, dengan penduduk sekitar 300 ribu jiwa ini memiliki kebersihan yang luar biasa loh. Malta nangkring diposisi sembilan dengan skor 88,48. Walaupun kecil, Malta termasuk tujuan wisata utama. Kabarnya empat puluh persen pendapatan negara ini berasal dari sektor pariwisata. Tak mengherankan, sebab meski berukuran mini, Malta menyimpan banyak sekali potensi wisata. Mulai wisata arkeologi dan sejarah, wisata alam, wisata bahasa, ataupun tempat untuk bersenang-senang.


10. Perancis
Negara yang terkenal dengan Menara Eiffel nya ini menduduki posisi ke 10 dengan perolehan 88,2. Walaupun menjadi negara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing, Perancis tidak lupa untuk menjaga kebersihan negaranya lho.

Negara-negara tersebut harus bisa kita jadikan contoh supaya Indonesia pun menjadi negara yang bersih dan semakin banyak yang senang singgah ke sini. Kamu mau mengunjungi negara yang mana? 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.