Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Merawat Kuku Panjang agar Tetap Bersih, Sehat dan Cantik

Ilustrasi kukubaturajaradio.com - Memanjangkan kuku adalah hal yang umum dilakukan banyak wanita. Sebagian wanita beranggapan memanjangkan kuku adalah bagian dari tren, atau lebih tepatnya fashion. Merawat kuku bagi sebagian orang merupakan suatu kegiatan yang sepele. Namun, tahukah kamu jika merawat kuku ternyata sangat penting.

Bagi sebagian orang, melakukan perawatan kuku hingga beratus-ratus ribu bahkan ada hingga jutaan rupiah demi mendapatkan kuku yang indah hal yang biasa. Di balik biaya yang mahal, kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Dan bahkan bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah kamu temukan di sekitar rumah.

Perawatan kuku sangat penting untuk dilakukan mengingat banyak di antara kita yang mencoba memanjangkan kuku serta tidak sedikit juga yang tertarik menghias kuku dengan menggunakan cat kuku. Apabila tidak dirawat dan dipelihara dengan benar, kuku bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan berwarna kekuningan. Kondisi tersebut akan membuatnya terlihat tidak menarik dan terkesan jorok.

Berikut cara merawat kuku panjang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/11/2018).

Jaga kebersihan kuku secara teratur

1. Jagalah agar kuku tetap kering dan bersih

Cara merawat kuku panjang dengan menjaga kuku tetap kering dan bersih. Berbagai masalah pada kuku biasanya berawal dari kuman dan bakteri. Pastikan tidak ada ruang bagi sumber penyakit tersebut untuk berkembang biak, termasuk di balik kuku dengan cara mengeringkannya sesaat setelah terkena air atau setelah dicuci.
Kamu juga harus memastikan kulit di sekitar kuku terawat, bersih, dan bebas dari kotoran. Cara merawat kuku panjang adalah dengan membersihkannya menggunakan bahan alami seperti garam dapur yang bisa diterapkan menggunakan sikat gigi yang bisa dimanfaatkan untuk menggosok kuku dan kulit di sekitarnya.

2. Rawatlah kutikula dengan baik

Cara merawat kuku panjang selanjutnya adalah dengan merawat kutikula dengan baik. Kutikula sering dianggap bisa membuat penapilan kuku terlihat jelek. Saat manicure sendiri di rumah, seringkali kita tertarik untuk menyingkirkannya karena kurang sedap dipandang. Tapi tahukah kamu? Kutikula sangat besar peranannya dalam membantu pertumbuhan dan melindungi kuku, karena fungsi utamanya adalah sebagai pelindung bagi matrix kuku.

Cara merawat kuku panjang pada kutikula:

Jangan menyingkirkan atau memotong kutikula karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi, sehingga menyebabkan kuman atau penyakit mudah masuk .

Jika kamu ingin kuku terlihat lebih panjang dan lentik, sebaiknya dorong kutikula dengan menggunakan manicure stick secara lembut dan hati-hati.

Kutikula sangat mudah kering, terkelupas, bersisik, dan retak-retak. Agar tetap sehat dan terlihat cantik, berikan pelembab secara rutin.

Hindari menggunakan cat kuku berbasis aseton dan kurangnya penggunaan sabun ketika mencuci tangan. Hindari kebiasaan menggigit kuku

3. Jaga kebersihan kuku secara teratur

Cara merawat kuku panjang selanjutnya dengan menjaga kebersihan kuku secara teratur. Bersihkan kuku secara teratur dan pastikan semua alat merawat kuku dicuci secara berkala hingga bersih. Jika kamu memelihara dan memanjangkan kuku, pastikan memberikan waktu ekstra untuk membersihkannya demi menghindari penumpukan kotoran di bagian bawah kuku. Cara merawat kuku panjang terbaik dengan menerapkan disinfektan alami berupa tea tree oil.

(https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3785873/cara-merawat-kuku-panjang-agar-tetap-bersih-sehat-dan-cantik)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.