Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Membuat Dendeng Batokok Khas Urang Minang

Image result for gambar dendeng betotokbaturajaradio.com- Hari ini kita akan membahas cara membuat dendeng batokok. Olahan daging sapi yang bernama dendeng ini memang tenar sebagai masakan khas Sumatera Barat, dua olahan dendeng yang namanya mendunia yaitu dendeng balado dan dendeng batokok. Meski sama-sama dendeng, yang membedakannya adalah cara pengolahan dagingnya. Batokok dalam bahasa minang artinya dipukul (ditokok), jadi secara umum kita pasti sudah tahu jika daging yang akan dimasak itu mesti melewat tahap dipukul-pukul atau digetok, hehe.
Dendeng batokok sangat nikmat dijadikan lauk teman makan bersama nasi. Di beberapa rumah makan Padang juga banyak yang menyediakan olahan daging ini, termasuk di Sari Bundo sendiri. Jika Anda lelah makan rendang (olahan daging sapi yang sudah diakui dunia kelezatannya), maka Anda bisa mencoba alternatif masakan daging sapi seperti dendeng ini.
Berikut cara membuat dendeng batokok agar bisa Anda praktekkan di rumah dan sajikan untuk dimakan bersama keluarga.
Bumbu membuat dendeng batokok:
  • Tomat secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam 1 sendok the
  • Cuka,
  • Cabai merah keriting/ besar (sesuaikan dengan selera Anda) 20 buah
  • Bawang merah 15 buah, bawang putih 8 buah
  • Merica dan lada secukupnya
Bahan cara membuat dendeng batokok:
  • 1 Kg daging sapi
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air
Campur semua bahan-bahan berikut:
Lada/ merica bubuk, garam, air untuk merendam daging, 8 buah bawang putih yang ditumbuk atau dihaluskan, dan 6 buah jeruk nipis yang diperas.

Langkah pertama cara membuat dendeng batokok

  1. Rebus daging dengan api kecil hingga teksturnya menjadi lembut, setelah itu angkat dan tiriskan. Air sisa rendaman jangan dibuang.
  2. Iris daging hasil rebusan tadi tipis, dan pukul-pukul menggunakan pemukul daging, atau benda keras lainnya.
  3. Masukkan daging yang telah pipih ke dalam campuran bahan-bahan yang tadi telah di buat sebelumnya hingga bumbu rendaman meresap.
  4. Angkat dan biasanya Anda bisa menjemur daging ini hingga kering di terik matahari, atau bisa dengan dipanggang dengan oven, atau boleh juga langsung digoreng dalam minyak panas hingga daging benar-benar kering.
  5. Selesai
Membuat Sambal Lado:
Setelah daging dendeng batokoknya siap, sekarang saatnya kita buat sambal lado sebagai cita rasa khas sebuah olahan dendeng.
  1. Tumbuk kasar bawang merah, bawang putih yang telah disiapkan di atas, campurkan juga dengan cabe dan tomat.
  2. Langsung tumis hasil tumbukan kasar tersebut di minyak goreng dan campurkan juga garam, merica dan cuka secukupnya hingga mengeluargkan bau harum pertanda tumisan matang.
  3. Selesai
Cara penyajian dendeng batokok
Anda cukup menuangkan hasil tumisan tadi di atas dendeng kering yang telah dibuat di atas, dan siap disajikan untuk disantap dengan keluarga, selamat mencoba.
(https://www.saribundo.biz/cara-membuat-dendeng-batokok-khas-urang-minang.html)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.