Banner

Banner
Kapolres OKU

Cara Jitu Meningkatkan Semangat Kerja – Apapun Profesi Anda

Cara meningkatkan semangat kerjabaturajaradio.com "Adakalanya seseorang mengalami kejenuhan dalam menjalani profesinya sebagai karyawan. Hal ini membuat mereka kehilangan semangat kerja. Akibatnya, pekerjaan yang ditugaskan tidak dapat diselesaikan dengan baik.
Jika motivasi dalam bekerja sudah hilang, maka akan sulit mencapai tujuan yang ditargetkan. Malahan, segalanya bisa jadi semakin memburuk. Pekerjaan tidak selesai, prestasi je
blok, mendapat teguran dari atasan dan bisa saja terkena PHK.

Anda tidak ingin mengalami hal seperti itu bukan? Jangan biarkan hanya karena sedang mempunyai masalah, Anda jadi tidak semangat kerja.
Berikut 10 Cara meningkatkan semangat kerja yang bisa Anda coba mulai dari sekarang.
1. Temukan Penyebab Menurunnya Semangat Kerja
Ketika semangat kerja Anda menurun, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menemukan penyebabnya terlebih dahulu. Apakah penyebabnya karena masalah pribadi atau lingkungan tempat Anda bekerja.
Beberapa faktor penyebab menurunnya semangat kerja antara lain :
Gaji yang tidak sesuai.
Sedang bertengkar dengan pasangan.
Memiliki banyak hutang.
Lingkungan kerja yang kurang kondusif.
Berselisih paham dengan rekan kerja lain.
Rekan kerja yang suka cari muka dan bermuka dua.
Atasan yang suka marah-marah.
Karir macet
Jenuh dengan rutinitas kerja yang membosankan.
Atau Anda sudah tidak memiliki tujuan dalam bekerja.
Salah satu dari poin diatas mungkin menjadi penyebab hilangnya semangat kerja Anda. Oleh karena itu, segera cari solusi yang tepat guna meningkatkan semangat kerja Anda kembali.

2. Niatkan Bekerja untuk Ibadah
Selanjutnya coba Anda renungkan kembali niat Anda dalam bekerja. Apapun profesi yang sedang Anda jalani dan seberat apapun pekerjaan Anda. Niat Anda dalam bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri dan menafkahi keluarga.
Jangan hanya karena Anda merasa jenuh dengan rutinitas kantor, atasan yang tidak menyenangkan atau sedang terlibat konflik dengan salah satu rekan kerja membuat motivasi Anda dalam bekerja hilang.
Jika sampai dikeluarkan dari pekerjaan Anda, siapa yang akan menjadi korban? Tentu diri Anda sendiri dan keluarga. Oleh sebab itu, Niatkan bekerja untuk ibadah. Bukankah dengan menafkahi keluarga sama halnya Anda sedang beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.


3. Jangan Lupakan Tujuan dan Cita-Cita Anda
Tips untuk membangkitkan semangat kerja berikutnya adalah mengingat tujuan awal Anda dalam bekerja. Ingat, Anda di sekolahkan orang tua sampai sarjana dengan harapan agar memiliki masa depan yang lebih baik.
Anda bekerja setiap hari dari pagi sampai sore tentu memiliki tujuan dan cita-cita. Misalnya ingin hidup layak dan menjadi orang sukses seperti yang sudah diraih orang lain.

Dengan demikian, jangan biarkan motivasi kerja Anda menurun. Hal ini dapat menghambat Anda dalam meraih jenjang karir yang lebih tinggi, mendapat kenaikan gaji serta menggapai cita-cita.
Jika motivasi Anda dalam bekerja sedang menurun, coba simak artikel tentang cara terbaik memotivasi diri sendiri agar sukses


4. Berfikir Positif
Bisa jadi penyebab menurunnya semangat kerja dikarenakan masalah keuangan. Anda berfikir bahwa dengan berbekal ijazah dari universitas ternama, maka Anda bisa mendapat pekerjaan dengan gaji yang besar.


Namun, kenyataannya gaji yang Anda terima tidak sesuai dengan yang diharapkan. Jangankan membeli mobil, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayar cicilan rumah saja masih kurang. Karena alasan tersebut, Anda menjadi malas dalam bekerja.
Maka dari itu, cobalah untuk berfikir lebih positif. Mungkin Anda tidak bekerja secara maksimal dan belum memiliki prestasi yang memuaskan sehingga tidak mendapat kenaikan gaji maupun promosi jabatan.
Selain itu, lihatlah di sekeliling Anda. Masih banyak orang yang belum memiliki pekerjaan meskipun bergelar sarjana seperti Anda. Dengan berfikir positif seperti itu, Anda akan kembali semangat dalam bekerja guna meraih cita-cita Anda.

5. Berkumpul dengan Teman Akrab di Kantor

Sebenarnya meningkatkan semangat kerja cukup mudah. Misalnya Anda sedang malas dengan pekerjaan kantor yang menumpuk. Tinggalkan sejenak dan temuilah teman dekat Anda di kantor.
Mungkin teman Anda juga mengalami kejenuhan dengan aktivitas kantor yang membosankan. Anda bisa berbagi cerita kepadanya tentang masalah pekerjaan maupun keluarga.
Berkumpul dengan teman-teman akrab yang menyenangkan tentu akan membangkitkan gairah Anda dalam bekerja.
(www.matahidup.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.