Banner

Banner
Kapolres OKU

Ayam Serundeng Hitam Manis

ayam serundengbaturajaradio.com - Indonesia memiliki banyak sekali ragam kuliner nusantara. Rempah-rempah yang digunakan untuk membuat berbagai macam kuliner tersebut juga melimpah jumlahnya. Salah satu bahan yang menjadi primadona dan sering diolah menjadi berbagai macam olahan adalah ayam. Ada berbagai macam resep olahan ayam. Salah satunya adalah ayam serundeng.
Ayam serundeng merupakan hidangan yang sangat terkenal di Sunda. Banyak orang juga menyebutnya sebagai hidangan khas Sunda. Cita rasa yang dominan dalam ayam goreng serundeng adalah gurih dan asin yang akan membuat Anda ingin tambah lagi ketika menikmatinya dengan nasi putih.

Ayam Serundeng, Nikmatnya Cita Rasa Nusantara

Hanya dari namanya saja, Anda pasti sudah tahu bahan dasar hidangan yang satu ini. Ya, bahan dasarnya adalah ayam. Anda bisa menggunakan berbagai jenis daging ayam untuk diolah menjadi ayam goreng serundeng. Ayam kampung maupun ayam broiller tidak masalah. Namun, jika ingin membuatnya lebih ekslusif gunakanlah ayam kampung.
Beberapa orang menyebut ayam goreng serundeng dengan ayam laos atau ayam lengkuas. Orang-orang menyebutnya dengan nama itu bukan tanpa alasan. Salah satu rempah atau bumbu yang memliki rasa dan aroma yang dominan dalam hidangan ini adalah lengkuas atau laos. Oleh karena itu, beberapa orang menyebutnya ayam lengkuas atau ayam laos.
Rasa gurih dari ayam serundeng berasal dari kelapa. Pengunaan kelapa dalam hidangan ini membuatnya memiliki cita rasa yang nikmat. Selain itu, tambahan berbagai macam rempah-rempah lain juga membuat ayam goreng serundeng makin lezat.
Setelah membaca beberapa fakta tentang ayam goreng serundeng, apakah Anda ingin segera menyantapnya sebagai menu makan Anda hari ini? Memasaknya sendiri di rumah akan menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menikmatinya bersama keluarga.
Selain bisa menghemat pengeluaran, memasak ayam goreng serundeng sendiri juga akan membantu Anda mempelajari resep memasak hidangan baru. Nah, kali ini penulis akan membagikan beberapa resep ayam goreng serundeng yang nikmat dengan cita rasa yang beragam. Yuk, simak!

Ayam Serundeng Hitam Manis

Resep pertama yang akan penulis bagikan adalah ayam serundeng hitam manis. Kenapa manis? Karena ayam serundeng yang satu ini ada rasa manisnya selain rasa gurih dan asin yang biasanya dominan pada ayam serundeng.
Sudah tidak sabar ingin mencobanya? Yuk, simak bahan-bahan untuk membuat ayam serundeng hitam manis berikut.

Bahan untuk Membuat Serundeng:

  • Garam secukupnya.
  • 1 sendok makan ketumbar.
  • Asam jawa secukupnya.
  • Gula merah secukupnya.
  • Buah kelapa setengah bagian.

Bumbu untuk Dihaluskan:

  • Kunyit seukuran ruas jari.
  • 2 buah bawang putih.

Bahan Ayam Goreng:

  • Garam secukupnya.
  • Ketumbar bubuk 2 sendok makan.
  • Bawang putih 2 buah, di
  • Jeruk nipis 2 buah yang sudah dibelah-belah.
  • 500ml air kelapa.
  • 1 ekor ayam kampung atau ayam potong. Mintalah penjual ayam untuk memotongnya menjadi empat bagian.

Cara Membuat Ayam Serundeng Hitam Manis:

  1. Sebelum mulai memasak, Anda perlu menyiapkan semua alat yang akan digunakan.  Alat-alat tersebut adalah panci, wajan, wadah, blender atau parutan, dan alat peniris.
  2. Setelah semua peralatan dan bahan siap, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memarut buah kelapa. Kemudian, sangrai parutan kelapa hingga tampak kecokelatan. Lalu, haluskan kelapa yang telah disangrai menggunakan blender.
  3. Cuci ayam hingga bersih. Kemudian, ungkep ayam dengan menggunakan air kelapa. Tambahkan garam, ketumbar, perasan jeruk nipis, dan bawang putih ke dalam ungkepan ayam. Aduk-aduk ungkepan ayam agar bumbu meresap dengan merata ke daging ayam. Lalu, tunggu beberapa saat hingga air kelapa surut.
  4. Anda bisa menghaluskan kunyit dan bawah putih untuk bumbu serundeng seraya menunggu ayam siap. Proses menghaluskan sebaiknya dilakukan secara manual dengan penggilingan. Namun bila memasak dalam jumlah lebih banyak, Anda bisa menggunakan food processor atau blender. Anda bisa menambahkan sedikit air saat menggiling bumbu memakai blender.
  5. Siapkan wajan yang berisi minyak dan panaskan minyak untuk menggoreng ayam.
  6. Goreng ayam hingga kecokelatan. Jangan menggorengnya terlalu lama, jika ayam sudah terlihat berubah warna menjadi kecokelatan, segera angkat dan tiriskan. Beberapa saat kemudian, warna ayam akan menghitam. Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya karena itu merupakan efek dari air kelapa. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan rasanya karena walaupun warnanya hitam, rasanya tidak pahit sama sekali.
  7. Anda bisa mulai memasak serundeng setelah ayam siap. Tumis bumbu halus serundeng hingga aromanya harum. Setelah itu, masukkan parutan kelapa ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan garam, asam jawa, dan gula merah. Masaklah serundeng dengan api kecil. Jangan lupa untuk mengaduk-aduknya juga agar rasa bumbu merata. Bila dirasa sudah cukup rata, matikan api dan masukkan ayam goreng seraya diaduk-aduk sekali lagi.
  8. Setelah ayam dan serundeng bercampur dan teraduk rata, maka Anda bisa mengangkatnya dari wajan dan menghidangkannya. Ayam serundeng paling enak disantap ketika masih hangat.
(https://ramesia.com/ayam-serundeng/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.