ACT Sumsel target salurkan 100.000 liter air bersih

ACT Sumsel target salurkan 100.000 liter air bersihbaturajaradio.com - Organisasi kemanusiaan nirlaba Aksi Cepat Tanggap Provinsi Sumatera Selatan menargetkan 100.000 liter air bersih dapat disalurkan ke sejumlah lokasi yang menghadapi kekeringan

Humas ACT Sumsel Hening Ugi Nastiti di Palembang, Selasa, mengatakan penyaluran air bersih ini merupakan program utama ACT di Juli-Agustus selain kurban bagi warga Gaza, Palestina.


“Sejauh ini kami sudah menyalurkan 35.000 liter air bersih ke wilayah-wilayah di Sumsel yang sedang menghadapi kekeringan,” kata dia.

Lokasi di Palembang diantaranya di Air Itam, Keramasan, Gasing, dan Tanjung Api-Api. Selain itu, juga direncanakan akan menyalurkan air bersih ke Banyuasin.

“Kemungkinan target ini akan tercapai mengingat puncak musim kemarau akan terjadi di Agustus,” kata dia.

Dalam kaitannya membantu masyarakat yang mengalami kekeringan ini, ACT juga mengandeng Pelindo II untuk membantu pembangunan sumur bor dan pembuatan MCK di wilayah Air Itam. Rencananya, proyek tersebut akan diresmikan, Rabu (1/8).

ACT Sumatera Selatan melalui Global Wakaf membangun telah membangun sejumlah sumur untuk warga di wilayah pelosok Kota Palembang.

Branch Manager ACT Sumsel Ardiansyah mengatakan sumur itu salah satunya berada di Jalan Dayang Rindu Keramasan RT03/RW01 Desa Keramasan, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang. Sumur dibangun dari dana himpunan para pewakaf tetap yang mendonasikan uangnya melalui ACT.

Desa Keramasan, kata dia, merupakan salah satu wilayah yang belum tersentuh penyediaan air bersih PDAM. Setiap hari warga setempat memanfaatkan air sungai sekitar untuk keperluan sehari-hari, seperti mandi dan mencuci.

Kondisi sungai tersebut berada di antara pabrik karet dan pabrik sawit sehingga tercemar limbah pabrik.

"Sehari-hari kami mengangkut air sungai menggunakan gerobak, tapi air sungai itu terkadang membuat badan jadi gatal-gatal, warnanya kuning bahkan hijau karena tercemar limbah pabrik, apalagi tiba musim kemarau stok air pasti menipis," kata salah seorang warga setempat, Lastri.

ACT Sumsel juga menargetkan pembangunan sumur wakaf di 20 titik lainnya yang tersebar di wilayah Sumatera Selatan. Masyarakat dapat menyalurkan donasinya melalui rekening khusus wakaf 66 0000 940 atas nama Yayasan Global Wakaf dan konfirmasi melalui Whatsapp 081369007979.

https://www.antaranews.com/berita/983526/act-sumsel-target-salurkan-100000-liter-air-bersih

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.