Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Cocok untuk Pendaki

baturajaradio.com -Mendaki gunung tentu menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Nah, ada 10 gunung tertinggi di Indonesia nih yang cocok untuk para pendaki. Apa saja?

Gunung tertinggi di Indonesia tersebut memiliki ketinggian mencapai 4.000 meter dan tersebar dari Sabang hingga Merauke. 

Berikut 10 daftar gunung tertinggi di Indonesia:


1. Gunung Puncak Jaya Wijaya

Gunung ini menjadi gunung tertinggi nomor satu di Indonesia karena memiliki ketinggian mencapai 4.884 meter. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung tertinggi di dunia.

Gunung yang terletak di Provinsi Papua ini juga dikenal dengan nama Carstensz Pyramid.

Saking tingginya, di puncak gunung ini terdapat salju abadi.

2. Gunung Kerinci

Gunung tertinggi kedua ini memiliki ketinggian mencapai 3.805 meter. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera. Walaupun biasa dipanjat para pendaki, gunung ini masih dalam kategori aktif lho.

3. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Buat para pendaki, gunung ini menyajikan pemandangan yang indah karena terdapat padang rumput yang luas dan hutan tropis.

Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.762 meter. Terdapat juga Taman Nasional Lombok di sekitar gunung tersebut.

4. Gunung Semeru

Gunung yang terkenal di film 5 cm ini memiliki ketinggian mencapai 3.676 meter. Puncak gunung yang terletak di Jawa Timur ini dikenal dengan nama Mahameru. Gunung ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa.

5. Gunung Sanggar

Walaupun masih jarang terdengar namanya, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.564 meter. Alhasil, gunung ini ditetapkan menjadi gunung tertinggi ke-5 di Indonesia.

6. Gunung Latimojong

Dikenal juga dengan nama Bulu Rantemario, gunung ini memiliki ketinggian 3.478 meter. Dari pusat kota Makassar, pendaki harus memakan waktu hingga 10 jam untuk mencapai kaki gunung.

7. Gunung Slamet

Terletak di Jawa Tengah, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.428 meter. Gunung ini menjadi salah satu gunung yang masih aktif, bahkan tercatat gunung ini telah meletus sebanyak 42 kali.

8. Gunung Sumbing

Gunung tertinggi ke-8 ini memiliki ketinggian mencapai 3.371 meter. Terdapat tiga jalur pendakian, yakni jalur cepit parakan, jalur bogowongso, dan jalur desa garung.

9. Gunung Raung

Gunung ini terletak di tiga daerah, yaitu Bondowoso, Jember, dan Banyuwangi dan memiliki ketinggian mencapai 3.344 meter.

10. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 3.078 meter. (https://travel.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.