Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Petani Padi di OKU Timur Khawatir Gagal Panen

Petani Padi di OKU Timur Khawatir Gagal Panenbaturajaradio.com -Gagal panen kembali menghantui para petani sawah Irigasi Macak I di Desa Tanjungbulan Kecamatan Buay Madang, Kabupaten OKU Timur.

Sejak beberapa bulan terakhir, padi-padi mereka diserang hama. Padahal padi sudah mulai berbuah.

Johan, salah seorang petani Desa Tanjung Bulan, Kecamatan Buay Madang yang dikonfirmasi, Senin (10/06/2019), mengatakan, serangan hama wereng sudah terjadi sejak padi berumur satu minggu.

Petani sudah berusaha membasmi hama jenis ini dengan menggunakan pestisida namun serangan hama tetap terjadi.

Kemudian saat padi memasuki umur 30 hari tanaman padi kembali diserang hama tikus yang mengakibatkan tanaman padi menjadi rusak dan mati.

Petani sudah melakukan Berbagai cara untuk menanggulanginya, namun serangan hama tikus semakin ganas dan mengkhawatirkan.

"Serangan hama semakin parah ketika padi berumur 80 hari dan baru keluar buah karena kembali diserang hama burung yang memakan buah padi yang berumur masih muda. Serangan hama secara bertubi-tubi ini sangat mengkhawatirkan petani," katanya.

Menurutnya, petani didesa tersebut sebagian besar menanam padi jenis Ciliwung yang cocok dengan kondisi tanah dan lahan. Petani kata dia, sudah melakukan upaya pemupukan pembersihan dan penyemprotan dengan pestisida, namun serangan hama tetap terjadi.


"Kami khawatir akan terjadi gagal panen. Harapan kami kepada pemerintah agar segera turun ke lapangan dan memberikan bantuan kepada petani," ujarnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.