Banner

Banner
Pemkab OKU

Jelang Lebaran Tim Gabungan OKU Sidak Harga Kebutuhan Barang Pokok di Pasar Tradisional Baturaja

Jelang Lebaran Tim Gabungan OKU Sidak Harga Kebutuhan Barang Pokok di Pasar Tradisional Baturajabaturajaradio.com -Untuk mengantisipasi oknum pedagang nakal yang menaikan harga barang menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Tim gabungan Pemkab OKU melakukan sidak di pasar-pasar tradisional di Kota Baturaja.

Kabag Humas dan Protokol Feri Iswan AP MAP kepada Sripoku.com Sabtu (1/6/2019) menjelaskan, tim gabungan dipimpin Sekda OKU DR Drs H Achmad Tarmizi SE MT MSi MH bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten OKU, pihak Kepolisian dan PD Pasar Baturaja melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke pasar tradisional.

Yakni Pasar Pucuk dan Pasar Baru, Baturaja OKU. Harga kebutuhan yang dipantau seperti harga telur, daging , bawang putih dan bawang merah , minyak goreng, tepung terigu, gula , daging ayam dan ikan serta harga sayur mayur.

Tim gabungan dipimpin Sekda OKU DR Drs H Achmad Tarmizi SE MT Masi MH memantau harga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440. (SRIPOKU.COM/LENI JUWITA)


Menurut Sekdam hasil pantauan di lapangan barang khususnya kebutuhan dalam menyambut lebaran harga-harga relatif normal, walaupun ada kenaikan namun tidak signifikan.

Untuk harga bawang putih masih di kisaran Rp 35.000/kg–Rp 40.000/kg.

Harga daging segar Rp 130.000/kg, harga daging ayam potong dikisaran Rp 30.000/ekor, harga sayur mayur relatif normal kecuali cabe keriting yang mengalami kenaikan namun tidak signifikan.

Kenaikan cabe merah keriting ini disebabkan suplai yang terbatas di musim hujan ini.

Di kesempatan itu, tim gabungan mengimbau para pedagang jangan menumpuk barang sehingga terjadi kelangkaan yang akan mendongkrak kenaikan harga barang. 

Sekda berjanji tim gabungan akan senantiasa memantau dan sidak harga-harga barang di pasar. Pemerintah terus berupaya untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok di Kabupaten Ogan Komering Ulu antara lain dengan menggaet Bulog menggelar pasar murah di tujuh titik dalam Kota Baturaja.

Lebih jauh Sekda mengatakan tujuan sidak ini untuk memberikan jaminan kenyamanan kepada muslim yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

“Masyarakat jangan khawatir kerena pemerintah menjamin ketersediaan stok kebutuhan bahan pokok” kata Sekda seraya manambahkan selain memantau harga tim juga memantau keamanan makanan yang dijual di pasar.

Sekda OKU yang juga didampingi Kabag Ekonomi Pemkab OKU Ir. Mufti Audha MT menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu saat ini sudah memiliki alat yang bernama Siska Perbako (Sistem Informasi Ketersediaan Perkembangan Harga Bahan Pokok).

Sistem pantauan harga secara online ini sangat membantu mengontrol harga, apabila ada kenaikan yang cukup signifikan terhadap bahan kebutuhan pokok pemerintah bersama pihak terkait dapat dengan segera melakukan langkah-langkah untuk mengendalikan harga .
Tujuannya untuk menekan laju inflasi akibat kenaikan harga barang tertentu . 



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.