Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Merawat Wajah Agar Putih Berseri Secara Alami, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

Ilustrasi merawat kulit wajahbaturajaradio.com - Memiliki wajah kusam pasti sangat menyebalkan bukan? Pasalnya wajah yang kusam memberi kesan penampilan kurang menarik. Kulit wajah yang terlihat kusam dan tidak bercahaya akan membuat performa penampilan Anda menjadi berkurang. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri Anda.

Memiliki wajah yang cerah, bersih, segar, dan tampak merona tentu menjadi dambaan semua orang. Tak heran, setiap orang rela melakukan berbagai cara merawat wajah agar putih bersinar. Banyak yang berbondong-bondong pergi ke klinik kecantikan dan rela merogoh kocek dalam-dalam agar bisa mendapatkan perawatan maksimal demi wajah yang cerah bersinar.

Tapi, bukan berarti untuk mendapat wajah yang cerah dan bersinar itu selalu mahal kok. Ada beberapa cara merawat wajah agar putih secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rabu (31/10/2018) cara merawat wajah agar putih bercahaya.

Jeruk nipis dan lidah buaya.

1. Jeruk nipis 

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. 
Bukan hanya berfungsi untuk memutihkan kulit wajah, tetapi kandungan vitamin C pada jeruk ini pun mampu menangkal radikal bebas. 
Cara merawat wajah agar putih dengan jeruk nipis:

- Belah jeruk menjadi dua bagian.
- Oleskan pada wajah secara merata
- Diamkan selama 30 menit sampai mengering lalu bilas dengan air bersih.
- Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan perawatan ini secara teratur 2-3 kali seminggu. 

2. Lidah buaya

Zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap yakni aloesin ada dalam lidah buaya. Itulah sebabnya mengapa banyak jenis produk pencerah wajah yang memasukkan lidah buaya dalam komposisinya. Lidah buaya dapat berfungsi sebagai ara merawat wajah agar putih secara alami. 

Caranya:

- Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah
- Oleskan secara merata pada kulit wajah Anda. Diamkan selama 15 menit
- Bilas dengan air bersih
- Lakukan perawatan ini secara rutin pada pagi dan sore hari agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pepaya dan Pisang

3. Pepaya 

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda. 

Caranya:

- Haluskan pepaya. Setelah lembut, gunakan sebagai masker
- Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat
- Lakukan perawatan ini 2 - 3 kali dalam seminggu akan membantu kulit wajah Anda agar memutih dengan cara yang alami.

4. Pisang 

Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Cara merawat wajah agar putih dengan pisang:

- Haluskan 1 buah pisang hingga menjadi lembut lalu tambahkan 1 sdm madu
- Campur hingga rata lalu oleskan pada wajah
- Biarkan mengering selama 20 menit dan bilas dengan air bersih

Tomat dan Strawberry

5. Tomat 

Cara merawat wajah agar putih selanjutnya adalah dengan menggunakan tomat. Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah dan berseri. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya adalah:

- Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu oleskan pada wajah
- Diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.
- Lakukan cara merawat wajah agar putih secara alami ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

6. Strawberry 

Ellagic ada dalam buah strawberry yang bagus untuk mengatasi flek hitam pada wajah dan dapat mencerahkan wajah Anda secara alami.
Cara merawat wajah agar putih secara alami dengan menggunakan strawberry adalah sebagai berikut:

- Haluskan buah strawberry hingga lembut
- Campur dengan susu hingga mengental
- Gunakan sebagai masker wajah

Bengkoang

7. Bengkoang

Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting untuk memutihkan wajah dan menjaga wajah agar tetap bersih bersinar. 
Caranya mudah saja:

- Parut bengkoang hingga lembut lalu peras.
- Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami
- Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih
- Lakukan perawatan ini secara rutin

Selain mengetahui bahan alami apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai cara merawat wajah agar putih, cara selanjutnya adalah dengan melakukan langkah-langkah perawatan yang baik dan benar. 
Langkah-langkah cara merawat wajah agar putih

Teratur bersihkan wajah dan gunakan sunscreen saat berada di luar ruangan.


8. Teratur membersihkan wajah

Salah satu ritual yang tidak boleh terlewatkan sebagai cara merawat wajah agar putih adalah dengan rutin membersihkan wajah setiap hari. Jangan pernah meninggalkan kebiasaan untuk mencuci wajah dengan sabun pencuci muka. Membasuh wajah dengan air saja belum cukup mengangkat kotoran yang menempel pada kulit dan pori-pori.
Pakailah produk sabun pencuci wajah yang memiliki khasiat untuk mengontrol wajah berminyak dan mampu mengangkat sel kulit mati. Cucilah wajah Anda sebanyak dua kali sehari, pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

9. Menggunakan sunscreen saat berada di luar ruangan

Polusi mengandung berbagai macam zat beracun dan kotoran yang dapat mematikan sel kulit serta memicu timbulnya jerawat pada wajah. Sementara, sinar matahari dapat membakar dan merusak jaringan kulit. Oleh sebab itu penting sekali menggunakan pelindung seperti sun protection saat beraktivitas di luar ruangan. Setelah menggunakan krim wajah yang menutrisi, ada baiknya Anda mengaplikasikan sun protection untuk melindungi wajah dari paparan UV A dan UV B. Langkah ini merupakan cara merawat wajah agar putih yang tepat.

Asupan gizi dan istirahat cukup

10. Perhatikan asupan makanan 

Cara merawat wajah selanjutnya adalah membatasi asupan makanan berlemak dan berminyak karena makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan produksi minyak alami kulit dan membuat wajah kusam. Sebagai gantinya, perbanyak mengonsumsi buah dan sayur terutama yang mengandung antioksidan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan kulit, agar wajah Anda semakin cerah dan tidak kusam. Selain itu, perhatikan hidrasi tubuh lewat asupan air putih agar wajah tetap lembap dan merona alami, sehingga kecantikan wajah anda terjaga.

11. Istirahat yang cukup 

Cara merawat wajah agar putih adalah dengan memastikan istirahat yang cukup. Biarkan diri Anda mendapat jatah tidur yang cukup. Pola tidur yang baik dapat berdampak baik bagi kesehatan kulit. Wajah akan senantiasa terlihat segar dan lebih cerah karena proses regenerasi kulit ketika tidur di malam hari tidak terganggu.

(https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3680260/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.