Bakal Ada Bantuan Bibit Bawang Merah Dalam Waktu Dekat

baturajaradio.com -Dalam waktu dekat, kelompok tani di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) akan mendapat bantuan bibit bawang merah. 

Kepala Dinas Pertanian OKU Joni Saihu melalui Kabid Holtikultura, Hendri Eka Putra mengatakan, bantuan bibit bawang merah ini untuk membantu kelompok tani di OKU. Sifatnya stimulus,” ujarnya, Senin (24/06).
Disebut Hendri, ada dua jenis bantuan bagi kelompok tani. Dari bantuan APBD untuk lahan seluas lima Hektar. Ini diberikan untuk dua kelompok tani. 
Sedangkan untuk bantuan dari dana APBN, bantuan seluas 25 hektar, yang rencananya diberikan untuk tiga kelompok tani.
Untuk jumlah sebutnya, APBD diberi sekitar 600 kilogram untuk perhektar. Sedangkan untuk APBN jumlahnya lebih kecil yakni 300 kilogram perhektar. Kelompok tani harus komitmen menambah kekurangan tersebut.
Dikatakan Hendri, saat ini untuk bantuan dari dana APBD sudah selesai. Tinggal nanti pemenang tender distribusikan bibit bawang. Sedangkan untuk pengadaan bantuan dari dana APBN masih dalam proses tender. 
Hendri menyebut, kontraktor yang ikut tender umumnya berasal dari luar daerah. Namun disebutnya, banyak pengusaha lokal yang berat atau tidak siap rugi ketika ikut tender.
Terpisah, pelaku usaha pertanian di OKU, Yan, ketika dikonfirmasi mengatakan, untuk pengusaha lokal sebetulnya juga sanggup untuk ikut tender lelang pengadaan bibit bawang merah.
Tapi sepertinya kurang komunikasi dan koordinasi. Padahal pasti ada saja yang sanggup kalau dilibatkan,” tukasnya. (http://www.rmolsumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.