Banner

Banner
Pemkab OKU

Permudah Pemetaan Sensus Penduduk, BPS Gunakan Peralatan Digital Berbasis Web & Aplikasi Smartphone

Permudah Pemetaan Sensus Penduduk, BPS Gunakan Peralatan Digital Berbasis Web & Aplikasi Smartphonebaturajaradio.com - Untuk mempermudah pemetaan serta pendataan dalam proses sensus penduduk tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) kini tak lagi mengandalkan kertas semata, namun sudah mengarah ke digitalisasi.

Kepala Kantor BPS Provinsi Sumatera Selatan, Endang Tri Wahyuningsih mengatakan untuk di Sumsel sendiri penerapan alat digital berbasis web dan aplikasi smartphone telah diterapkan dan pemetaan sudah berakhir di 22 Mei kemarin.

"Iya, jadi sekarang kita dibantu dengan alat digital yang bisa meminimalisir kesalahan dalam pendataan. Sebab, semua sudah tersistem dan menerapkan combine metode dimana menggunakan data Disdukcapil dan pendataan mandiri persegmen," ujarnya, Minggu (26/5/2019)

Diharapkan dengan penerapan tersebut, satu data kependudukan bisa terwujud sehingga lebih tertata dan membantu memperbaiki data kependudukan yang selama ini masih sering terkendala.

"Baru-baru ini Pemetaan sudah dijalankan. Tapi bedanya, pemetaan kali ini tidak hanya data penduduk tapi juga fasilitas publik juga difoto," jelasnya.

Endang mengatakan guna membantu proses pemetaan pihaknya telah mengerahkan lebih dari 1.000 petugas. "Untuk di Palembang saja, 500 petugas yang kita gaji sesuai UMR," ujarnya.

(http://palembang.tribunnews.com/2019/05/26)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.