Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Mau Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa? Ini 7 Siasat yang Bisa Anda Terapkan

Mau Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa? Ini 7 Siasat yang Bisa Anda Terapkanbaturajaradio.com - Umumnya, pekerja kantoran akan cenderung menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk dan menatap layar monitor sepanjang hari. Meski begitu, penting untuk tetap menjaga kesehatan agar tubuh selalu fit dan bugar sehingga puasa di bulan ramadan bisa berjalan dengan baik. Tenang, bekerja saat puasa sebenarnya tidak sesulit itu, kok. Asalkan Anda tahu kuncinya. Penasaran? Yuk, contek beragam tips puasa untuk pekerja kantoran berikut ini.

Berbagai tips supaya tetap semangat bekerja saat puasa

1. Jangan lewatkan sahur

Hal yang paling mendasar agar tetap bugar dan semangat bekerja saat puasa, yakni dengan tidak melewatkan sahur. Sama halnya dengan sarapan pagi, sahur berperan penting untuk menjaga kebutuhan energi selama berpuasa hingga tiba waktu berbuka.

Anda bisa memilih konsumsi sumber karbohidrat, seperti nasi, pasta, roti, gandum, dan oat agar kenyang lebih lama. Sertakan juga dengan sumber protein yang meliputi telur, keju, atau daging rendah lemak guna menambah kecukupan energi.
Tak lupa, imbangi dengan makan makanan yang mengandung serat yang berasal dari sayur dan buah, tujuannya untuk membantu kerja sistem pencernaan dalam tubuh.

2. Menjaga dan mengatur asupan makanan

Selama puasa, waktu makan Anda hanyalah saat sahur dan berbuka. Hal ini membuat Anda harus pandai dalam memilih makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pada waktu tersebut. Jika tidak, maka akan memengaruhi puasa yang Anda jalani.
Makan dengan porsi banyak ketika sahur tak menjamin membuat Anda kuat seharian bekerja saat puasa. Mungkin Anda berpikir bahwa dengan makan banyak, maka tubuh akan mendapatkan banyak energi untuk mengawali hari. Padahal nyatanya, terlalu banyak makan justru bisa menyebabkan rasa kantuk yang pada akhirnya menghambat kinerja Anda di kantor.
Maka sebaiknya, makanlah sesuai dengan porsi kebutuhan Anda dan sertai dengan makan beragam jenis makanan guna menunjang kebutuhan nutrisi tubuh. Dengan begitu, tubuh juga akan lebih bugar dan nyaman untuk menjalani hari.

3. Penuhi kebutuhan cairan

Sama pentingnya dengan asupan makanan, kebutuhan cairan tubuh juga harus terpenuhi dengan baik selama puasa. Untuk itu, sebaiknya minum sekitar 8-12 gelas air putih setiap hari. Kebutuhan ini bisa Anda penuhi saat berbuka hingga tiba waktu sahur guna menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.
Dengan begitu, konsentrasi terjaga dan produktivitas kerja pun tidak menurun meski sedang menjalani puasa seharian penuh.

4. Jangan hindari sinar matahari

Berada di dalam ruangan seharian penuh, akan membuat Anda jarang “bertemu” matahari dan mendapat udara segar. Cobalah untuk meluangkan waktu sejenak dan keluar mencari udara segar di bawah sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami bagi tubuh Anda, khususnya saat menjalani puasa untuk pekerja kantoran.
Sekedar berjalan-jalan sembari mencari udara segar, juga bermanfaat untuk menenangkan pikiran yang mungkin penat akibat pekerjaan. Tidak perlu terlalu lama, Anda hanya perlu melakukan kegiatan ini setidaknya 10-15 menit saja.

5. Kelola stres dengan baik

Sebagian besar pekerja kantoran, tentunya disibukkan dengan setumpuk pekerjaan yang menyita waktu dan pikiran. Namun, jangan sampai tanggung jawab Anda di kantor justru membuat Anda merasa tidak nyaman hingga akhirnya membuat stres.
Pasalnya, menurut Jonathan Kramer, seorang psikolog klinis mengatakan kalau stres bisa merusak sistem kekebalan tubuh dan pada akhirnya meningkatkan risiko terserang penyakit.
Tentu Anda tidak ingin hal ini mengganggu puasa dan pekerjaan Anda, bukan? Stres dengan pekerjaan pasti ada dan itu normal, tapi penting untuk mengelola stres dengan baik agar tidak menghambat produktivitas Anda.
Beberapa hal ringan, seperti meluangkan waktu bersama keluarga di hari libur, menonton film, membaca buku favorit, ataupun memanjakan diri dengan melakukan perawatan tubuh disinyalir bisa membuat Anda lebih rileks.

6. Olahraga ringan

Jangan jadikan puasa sebagai alasan Anda malas berolahraga. Duduk di kantor seharian tentunya membuat tubuh jarang melakukan pergerakan, jika dibiarkan terus-menerus maka bisa mengakibatkan rasa lemas yang akan menurunkan performa kerja.
Maka itu, Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa, maupun setelah sahur sebelum bersiap berangkat ke kantor. Atau jika benar-benar tidak sempat, Anda tetap bisa berolahraga ringan dengan meluangkan waktu untuk berjalan menuju kantor.
Menurut Dawn Jackson, seorang ahli gizi di American Dietetic Association, menyatakan bahwa berjalan ringan tidak hanya bermanfaat untuk membakar kalori, tapi juga bisa menghilangkan stres dan menyegarkan tubuh.

7. Istirahat yang cukup

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terlalu banyak makan bisa membuat Anda mudah mengantuk. Namun tidak hanya itu, mengantuk selama puasa bukan hanya disebabkan oleh porsi makan yang terlalu banyak. Melainkan karena Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup.
Jam tidur saat puasa pastinya akan berkurang, karena Anda harus bangun lebih pagi untuk makan sahur. Terlebih banyak pekerja kantoran yang memiliki jam tidur tidak teratur karena tidur terlalu larut akibat menyelesaikan pekerjaan.
Padahal, kurang tidur bisa memengaruhi kinerja otak sehingga akan menghambat aktivitas Anda esok hari. Sebaiknya, hindari tidur terlalu larut untuk keperluan yang tidak penting. Bila masih ada yang masih harus Anda lakukan, seger selesaikan pekerjaan tersebut kemudian tidur.
(https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.