Banner

Banner
Pemkab OKU

Jangan Lagi Pakai Kantong Plastik Warna, Ini Bahayanya

Jangan Lagi Pakai Kantong Plastik Warna, Ini Bahayanyabaturajaradio.com -Penggunaan kantong plastik hitam atau kantong plastik berwarna menjadi perhatian kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Provinsi Sumatera Selatan, Hardaningsih.

Pasalnya, selama melaksanakan inpeksi mendadak (sidak) di Baturaja beberapa hari lalu di pasar tradisional dan pasar bedug, kantong plastik berwarna sangat mendominasi digunakan pedagang.

"Jangan gunakan kantong plastik berwarna lagi," kata Hardaningsih kepada seorang pedagang waktu itu.

Larangan tersebut sangat beralasan, karena menurut Hardaningsih, sangat berbahaya khususnya untuk mengemas makanan tanpa pelapis lain. Seperti mengemas makanan ringan.

"Bila tanpa pelapis lain maka warna kantong plastik kemasan akan menempel pada makanan padahal makanan ini akan dikonsumsi," katanya.

Untuk pedagang makanan tanpa pelapis, dianjurkan menggunakan kantong plastik tidak berwarna atau kantung transparan. Dengan begitu makanan tetap bersih tanpa zat perwarna yang terpapar kantong plastik.

"Pakai kantong plastik transparan saja, kan banyak jualan kalau pembeli tahu mereka tidak mau dikemas dengan kantung berwarna," imbuhnya.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa zat pewarna pada kantong plastik yang menempel pada makanan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dalam waktu jangka panjang. Maka dari itu Mulai sekarang harus dialihkan penggunaan ke kantung lain.

Larangan penggunaan kantong plastik berwarna beberapa tahun belakangan sudah diterapkan Dinas Perikanan dan Peternakan OKU pada pedagang khususnya pedagang pasar daging menjelang hari raya Idul Fitri.(http://www.rmolsumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.