Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Dengan "SIGertak Plus" Target Turunkan Kemiskinan

baturajaradio.com -Angka kemiskinan Sumsel menjadi perhatian serius pemerintah, Gubernur Sumsel Herman Deru meluncurkan aplikasi sistem informasi gerakan terpadu serentak (SIGertak) Plus guna menekan angka kemiskinan yang diatas rata-rata nasional.

SIGertak Plus ini tak ubahnya penekanan untuk penyamaan persepsi terhadap semua kementerian kelembagaan dan cabangnya di Sumsel termasuk juga pemerintah kabupaten/kota. Sehingga setelah launching ini tidak ada lagi daerah kab/kota yang merencanakan suatu program yang tidak bermuara pada kesejahteraan.

SIGertak Plus ini merupakan aplikasi Berbasis Data Terpadu (BDT) by name by address seluruh penduduk miskin di Sumsel. Sehingga akan dapat diketahui dengan jelas masalah yang ada dan menyusun program/kegiatan yang tepat sasaran.
"Apapun yang mereka perbuat dan lakukan tentu harus dilalui dengan perencanaan yang baik dan perencanaan itu tugas kita untuk menurunkan angka kemiskinan dengan lima prioritas pembangunan yang telah ditetapkan," ujarnya.

Lima prioritas pembangunan yang akan dilakukan sebagai upaya percepatan pengentasan kemiskinan yang akan dilakukan 2020 yakni pembangunan SDM dan kualitas tata kelola pemerintah. Penguatan konektivitas kualitas infrastruktur dan energi. Pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan pengurangan kemiskinan, peningkatan kedaulatan pangan pangan dan kualitas lingkungan serta stabilitas keamanan umat beragama.
"Salah satunya infrastruktur ini sangat penting karena seperti kata Bapenas tadi salah satu penyebab kemiskinan itu adalah pembangunan yang tidak merata. Kalau kita Sumsel bukan hanya punya program yang merata tapi juga berkeadilan. Dan ini disesuaikan dengan potensi daerah masing-masing, " tambahnya.
Lebih jauh dikatakannya Rancangan RKPD yang dibahas dalam Musrenbang ini haruslah berbasis masalah, potensi dan cita-cita di masa depan yang diselaraskan dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional.

Saat ini menurutnya kondisi Sumsel dilihat dari capaian indikator makro, ada yang sudah bagus dan ada yang masih butuh perhatian. Indikator makro yang sudah bagus capaiannya dibanding nasional yaitu pertumbuhan Ekonomi, Rasio Gini, Tingkat Penganggutan Terbuka, dan Inflasi.

"Ada dua permasalahan makro yang belum bagus pencapaiannnya dan menjadi perhatian khusus dalam RKPD tahun 2020 yaitu angka kemiskinan yang masih tinggi dari rata-rata nasional. Alhamdulillah telah ada komitmen bersama seluruh Bupati dan Walikota se Sumsel untuk menurunkan angka kemiskinan menjadi 1 digit. Untuk itu harua disusun program dan kegiatan penanggulangab kemiskinan yang sinergi nasional, provinsi dan 17 kabupaten/kota" jelasnya.

Sementara itu Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin menjelaskan bahwa untuk Musrenbang ini ada beberapa arahan dari Mendagri, salah satunya Musrenbang ini harus disesuaikan dengan potensi dan kemampuan keuangan daerah.

Dalam kesempatan itu ia juga menerangkan beberapa rencana kerja pemerintah tahun 2020. Di antaranya yakni fokus pada pembangunan manusia dan mengentaskan kemiskinanan, kemudian infrastruktur dan pemerataan wilayah, nilai tambah sektor riil industrialisasi dan kesempatan kerja. Selanjutnya yaitu ketahanan pangan, air energi dan lingkungan hidup.
"Ada catatan juga bahwa nanti 2030 kita ada bonus demografi dimana usia 15-45 tahun itu mencaoai 52 persen. Ini akan menjadi tantangab tersendiri bagaimana memberdayakannya. Makanya ini jadi tantangan mengapa peningkatan kualitas SDM itu penting," jelasnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Sumsel Eko Retnaningsih menjelaskan Musrenbang ini merupaka amanat Permendagri No 86 tahun 2017. Kegiatan ini bertujuan menyepakati permasalahan prioritas mengenai arah kebijakan, kegiatan, indikator dan target kinerja untuk penyelarasan dengan sasaran prioritas pembangunan daerah dengan nasional.

"Melalui Musrenbang ini kita akan memperoleh masukan dari berbagai pemangku kepentingan untuk penyempurnaan RKPD 2020," jelasnya.

Acara ini dihadiri 500 orang seluruh stakeholder terkait perencanaan pembangunan Sumsel, yang sebelumnya sudah dilakukan pada pra Musrenbang. Adapun tema Musrenbang kali ini adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengurangan kemiskinan melalui peningkatan ekonomi kerakyatan kualitas infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Tema ini sejalan dengan visi dan misi HDMY tahun 2018-2023 Sumsel Maju untuk Semua salah satunya adalah penurunan kemiskinan. Dan inilah sudah ditindaklanjuti dengan kesepakatan Sumsel 1 Digit," jelasnya.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel Herman Deru juga berkesempatan menyerahkan Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah terbaik (kategori kabupaten) masing-masing kepada Terbaik I Kabupaten Muaraenim, Terbaik II Kabupaten Musirawas dan Terbaik III Kabupaten Muba.
Sedangkan untuk kategori kota masing-masing diraih Kota Palembang sebagai Terbaik I dan Kota Pagaralam Terbaik II.

Kemudian Penghargaan Pengelolaan Air Minum dan Lingkungan diraih masing-maaing oleh Kabupaten OKU Terbaik I, kemudian Kabupaten Muaraenim Terbaik II dan Kabupaten OKI terbaik ke III.(http://www.rmolsumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.