Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Merawat Komputer

Image result for gambar cara merawat komputerbaturajaradio.com Komputer yang dirawat dengan baik akan memberikan kinerja yang lebih cepat, baik melalui RAM maupun internet, apa pun konfigurasi perangkat keras Anda.

Hukum termodinamis kedua menyatakan bahwa seluruh sistem akan melambat seiring waktu, tetapi Anda dapat memperlambat proses "penuaan" komputer dengan mengikuti kiat berikut.




1Perangkat Lunak/Cakram Keras


Bersihkan data sisa yang ditinggalkan peramban. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan Disk Cleanup bawaan Windows, atau mengunduh program gratis seperti Ccleaner. Jika Anda menggunakan Linux, cobalah program Kleansweep atau Bleachbit. Kuki dan tembolok yang ditinggalkan peramban dapat menumpuk hingga hitungan GB sehingga Anda harus rajin menghapusnya.




Temukan dan hapus spyware dan/atau virus di komputer.Anda dapat menghapus program sampah tersebut dengan berbagai aplikasi, di antaranya Avast.




Lakukan defragmentasi cakram keras setiap bulan agar komputer Anda berjalan dengan lancar. Windows XP ke atas menyediakan program defragmentasi kandar. Atau, Anda juga dapat mengunduh Magical Defrag, program yang akan mendefragmentasi kandar saat komputer tidak sedang digunakan dalam waktu tertentu.


Hapus program yang tidak lagi Anda gunakan, dan hapus musik yang tidak lagi didengar. Semakin banyak ruang kosong yang tersedia di komputer Anda, semakin cepat pula kinerja komputer. Setelah membersihkan kandar, Anda mungkin akan kaget melihat percepatan kinerja komputer.


Gunakan msconfig, yang dapat Anda akses dari kotak dialog Run, untuk menghapus program yang tidak lagi Anda gunakan dari daftar startup. Msconfig dapat memotong waktu mulai komputer Anda. Selain msconfig, Anda juga dapat menggunakan CCleaner untuk melakukan tugas yang sama. Fitur ini tersedia di menu Tools--->Startup.


Gunakan sistem manajemen kandar di komputer.
Jika Anda menggunakan Windows, pilih Performance and Maintenance, kemudian pilih "Rearrange items on your hard disk..." dan "Free up space on your hard disk.".
Jika Anda menggunakan Mac, bukalah folder Applications, pilih subfolder Utilities, dan bukalah Disk Utility.

Metode2Perangkat Keras/CPU


Jalankan komputer melalui UPS untuk melindungi perangkat keras dari sentakan listrik. Kabel telepon untuk modem dan kabel jaringan Cat5/6 juga memerlukan perlindungan sentakan listrik. Saat petir terjadi, modem atau kartu jaringan Anda bisa jadi rusak karena kabel jaringannya terkena petir.


Komputer Anda akan berdebu dalam jangka waktu setahun, tergantung di mana Anda menyimpannya.Karena itu, bongkarlah komputer secara berkala, tergantung seberapa berdebu rumah Anda. Jika rumah Anda tidak terlalu berdebu, periksalah komputer beberapa bulan sekali. Namun, jika rumah Anda berdebu, Anda harus lebih rajin memeriksa komputer. Hilangkan debu dari bagian bawah komputer dengan lap atau penyedot debu, kemudian semprot komputer dengan udara terkompresi. Perhatikan heatsink dan kopas CPU. Pegang kipas saat menyemprot karena kipas bisa terlepas dan menyebabkan komputer dimulai ulang. Selain itu, semprot juga bagian dalam power supply komputer. Karena Anda telah membuka bagian dalam komputer, dengarkan bunyi kipas untuk memastikan seluruh kipas bekerja. Gantilah kipas jika tidak lagi berputar, atau cobalah lumasi giginya.



Berhati-hatilah saat menghubungkan kabel USB, Ethernet, pengeras suara, pencetak, dan lain-lain. Porta seperti USB dan Ethernet dapat rusak jika dihubungkan dengan sembrono. Perbaikan porta penting ini pun tidaklah murah.

Tips

Ada dua sudut pandang mengenai kapan saatnya mematikan komputer. Banyak orang yang lebih suka membiarkan komputer menyala karena perkembangan suhu dan kontraksi komponen yang terjadi saat komputer dinyalakan dapat merusak komponen. Jika Anda membiarkan komputer menyala, Anda hanya perlu mematikan monitor dan menonaktifkan kandar setelah satu jam dari menu penghematan daya komputer. Anda juga dapat mengatur komputer untuk masuk ke modus standby setelah satu jam, tetapi langkah ini dapat membuat komputer berhenti merespons.

Berhati-hatilah saat menghapus berkas. Jika Anda menghapus berkas penting secara tidak sengaja, komputer Anda mungkin akan rusak.
Istirahatkan komputer dengan mematikannya sesekali. Membiarkan komputer menyala selama beberapa hari memang bukanlah masalah, tetapi panas dapat merusak komponen dengan cepat.

Berhati-hatilah saat menonaktifkan program startup di msconfig. Jika Anda tidak mengetahui program apa yang ada pada daftar, jangan menghapus centang pada program apa pun karena program sistem yang penting mungkin akan ikut terhapus.
Berhati-hatilah saat melakukan overclocking. Meskipun menyenangkan, overclocking dapat membuat komputer panas, juga dapat melelehkan prosesor jika Anda tidak melakukannya dengan aman. Gunakan kipas/heatsink berukuran besar dan kipas casing sebelum melakukan overclocking.

Cobalah menyimpan kandar USB di dekat komputer untuk menyimpan berbagai data, seperti gim, data pekerjaan, data hiburan, foto liburan keluarga, dll.

(https://id.wikihow.com/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.