Banner

Banner
Pemkab OKU

KPU Berencana Tetapkan Debat Terakhir pada 30 April

Debat capres-cawapres (Ilustrasi).baturajaradio.com -Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, mengatakan debat kelima pilpres rencananya digelar beberapa hari sebelum pemungutan suara Pemilu 2019.

KPU berencana menggelar debat kelima itu pada 13 April 2019 mendatang.

"Kami punya rencana debat terakhir digelar pada 13 April.

Hal itu bertepatan dengan hari terakhir kampanye Pemilu 2019," ungkap Wahyu ketika dikonfirmasi, Rabu (6/2).

Namun, kata dia, rencana itu belum merupakan ketetapan akhir. Sebab belum ada kesepakatan dengan TKN Jokowi-Ma'ruf Amin dan BPN Prabowo-Sandiaga Uno.

"Sampai saat ini belum diputuskan. Kalau tidak ada kesepakatan tentang waktu antara BPN dan TKN, maka KPU yang akan ambil keputusan untuk melaksanakan (debat) pada 13 April," lanjut Wahyu.

Menurut dia, sampai saat ini memang waktu pelaksanaan debat pilpres terakhir belum ditanggapi oleh TKN maupun BPN. Kedua tim sukses paslon capres-cawapres itu masih fokus dengan persiapan teknis pelaksanaan debat kedua pada 17 Februari 2019.

Namun, kata Wahyu, rencana melaksanakan debat pilpres kelima pada 13 April sudah disampaikan kepada dua tim sukses. Bahkan, sejak awal pembahasan pelaksanaan lima kali debat pilpres rencana ini telah disampaikan.

"Sejak awal sudah kami sosialisasikan debat terakhir tanggal 13 April. Tetapi kan kami membuka ruang, bagi TKN dan BPN untuk merundingkan waktunya. Kalau mereka dalam proses diskusi tak ada titik temu, maka kita akan putuskan tanggal 13 April. Demikian," pungkas Wahyu.

Sebagaimana diketahui, KPU telah melaksanakan debat pertama pilpres pada 17 Januari 2019. Kemudian, KPU akan menggelar debat kedua pilpres pada Ahad , 17 Februari 2019.

Selanjutnya, debat ketiga akan digelar pada 17 Maret 2019. Debat keempat pilpres digelar pada 30 Maret 2019. (https://nasional.republika.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.