Banner

Banner
Pemkab OKU

Harga Karet Melemah, Herman Deru Berencana Bangun Pabrik Ban

Harga Karet Melemah, Herman Deru Berencana Bangun Pabrik Banbaturajaradio.com -Melemahnya harga karet dipasaran menjadi perhatian serius Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru. Menurutnya, penurunan harga karet dapat disiasati dengan meningkatkan kualitas mutu karet itu sendiri.

"Sebentar lagi akan ada bantuan dari Pemerintah Pusat, termasuk pembekuanya dengan asam semut," Ujar Deru dalam sambutannya dalam acara  Focus Group Discussion (FGD) Pendidikan Vokasi Sektor ESDM, Kamis (7/2). 

Dijelaskan Deru, selama ini para petani di Sumsel kerap menggunakan Cuka Parah atau dengan tawas untuk membekukan karet hasil kebun. Padahal, dua bahan tersebut kata Deru, sama sekali tidak mengurai kadar air yang terdapat pada getah karet. 

"Kita ini senang kalau karet berat. Giliran ditimbang dites dilabolatorium, banyu galo isinyo. Dicelup disungai kelekar, disungai ini segala macam. saya minta ada edukasi kepada para petani kita," jelasnya.

Lebih jauh, Deru menerangkan, kedepan Pemerintah Provinsi berencana akan membangun pabrik ban untuk menampung karet-karet yang ada di Sumsel. 

"Tapi harus disepakati bersama kalau pabrik ban ini di bangun, petani karet harus pakai ban itu, walikota, bupati dan seluruh lurah kades motornyo harus pake ban itu. Jangan kagek sudah dibanguke laju aku nombok. Maka inilah disebut subsidi silang," terangnya. 

Selain itu, ia juga menginginkan dilakukan survei kebahagiaan di Sumsel. Hal ini untuk mengetahui kinerja pemerintah dalam memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. 

"Ini tidak ada standarnya. Standarnya dari pengakuan dari orang jujur yang disurvei tadi.  Apakah kebahagiaan orang itu adalah materi? Tidak," tambahnya (http://www.rmolsumsel.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.