Banner

Banner
Pemkab OKU

Gua Puteri Bakal Jadi Destinasi Wisata Mancanegara, Langkah Ini yang akan Dilakukan Gubernur Sumsel

Gua Puteri Bakal Jadi Destinasi Wisata Mancanegara, Langkah Ini yang akan Dilakukan Gubernur Sumselbaturajaradio.com -Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM menyatakan obyek wisata Gua Puteri kedepan akan dijadikan destinasi wisata mancanegara.

Hal itu dikatakan Herman Deru saat meninjau obyek wisata Gua Puteri di Desa Padangbindu Kecamatan Semidangaji Kabupaten Ogan Komering Ulu Propinsi Sumatera Selatan Rabu (30/1/2019).

Gubernur dan rombongan didampingi Bupati OKU Drs H Kuryana Azis, Kepala Dinas Pariwisata OKU Paisol Ibrahim SE MM, Sekretaris Pariwisata H Imron ST dan para kepala dinas intansi di Kabupaten OKU.

Tampak Ny Febrita Lustia Herman Deru yang memang asal Ogan ini dengan setia mendampingi sang suami menjelajahi Gua Puteri.

Sesekali Ny Febrita ikut menimpali pembicaraan seputar legenda Gua Puteri yang memang sudah kesohor.

Turut serta dalam rombongan PLH Kepala Dinas Budaya Pariwisata Sumsel Aufa Sarkomi SP MSc yang juga juga mantan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kabupaten OKU.

Gubenur Sumsel, menegaskan Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan akan mendorong percepatan mewujudkan Gua Puteri menjadi daerah tujuan wisata mancanegara.

“Gua Puteri kita wujudkan menjadi Destinasi Wisata mancanegara ,” kata Gubenur seraya mengatakan dirombongan turut serta dari PHRI dan pelaku wisata serta pihak-pihak terkait.

Langkah awal adalah Penambahan fasilitas, perbaikan askes masuk menuju obyek wisata Gua Puteri.

Apalagi di sekitar Gua Puteri sudah dibangun museum moderen bernama Museum Si Pahit Lidah.

Museum megah yang dibangun dengan dana APBN bernilai puluhan milyar (Rp 30 M) ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara khususnya wisawatan minat khusus.

Gubernur Sumsel mengaku optimis bisa mewujudkan Gua Puteri menjadi destinasi wisata mancanegara apalagi dalam waktu dekat Lapangan Udara Gatot Subroto di Waytuba segera melayani penerbangan komersial.

Dikatakan Gubernur, sudah dibahas kesiapan pangkalan udara milik TNI AD ini untuk digunakan untuk melayani penerbangan komersial. 

“Paling dua atau tiga bulan lagi sudah dioperasionalkan untuk melayani penerbangan komersial, karena semua MoU sudah diteken” kata Gubernur seraya menambahkan apabila sudah terealisasi maka dipastikan para wisatawan minat khusus dan pelancong akan berdatangan ke Gua Puteri.

Karena selama ini Gua Puteri yang sudah memiliki kerjasama dengan tiga negara (Malaysia, Singapura dan Indonesia) ini masih terkendala dengan transfortasi .

Wisatawan mengeluhkan jauh jarak tempat dari bandara menuju obyek wisata, setelah Bandara Lanut Gatot Subroto di Waykanan menjadi dwi fungsi (latihan militer dan komersial) maka tidak ada lagi kendala bagi wisatawan mancanegara maupun domestik untuk berkunjung ke Gua Puteri.

Dikesempatan itu gubernur mengajak seluruh lapisan masyarakat mempersiapkan diri untuk menyambut kabar baik ini dan yang paling penting adalah kesiapan masyarakat setempat untuk menjadikan obyek wisata ini menjadi terkenal di mancanegara.

Masyarakat harus berusaha menjadikan obyek wisata ini menjadi tempat tujuan wisata dan menyiapka kuliner khas daerah yang membuat wisatwan datang berulang-ulang obyek Gua Puteri.

 (http://palembang.tribunnews.com)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.