Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Kemendes PDTT Beri Bantuan 5 Mobil Tangki Air ke Warga Sigi


Kemendes PDTT Beri Bantuan 5 Mobil Tangki Air ke Warga Sigibaturajaradio.com - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan, memberikan bantuan berupa lima unit mobil tangki air bersih kapasitas 5.000 liter kepada Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

"Kami berharap dengan bantuan mobil tangki air bersih ini mampu memenuhi kebutuhan dasar air bersih atau air minum bagi warga di hunian sementara (Huntara) yang ada di Kabupaten Sigi," kata Staf Khusus Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Risharyudi Triwibowo dalam keterangan tertulis, Rabu (23/1/2019).

Ia menyampaikan bantuan mobil tangki air ini nantinya akan dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama sebagai pengelola aset bantuan untuk korban bencana gempa dan likuifaksi di Kabupaten Sigi.



"Nanti bantuan lima unit tangki air bersih ini harus dikelola secara akuntabel dan profesional oleh BUMDes Bersama, dengan tujuan mendapatkan profit tetapi berorientasi pada pelayanan sosial, profit dalam artian pelayanan air bersih atau air minum dengan tarif yang sangat ekonomis rasional," katanya.

Ia mencontohkan jika satu tabung galon air minum isi ulang seharga Rp 5.000 pada umumnya, maka dengan unit usaha BUMDes ini bisa dipasang tarif sebesar Rp 2.000-3.000 per galon.

"Nantinya dana yang didapat dari hasil penjualan air bersih atau air minum dapat digunakan untuk pemeliharaan aset bantuan dan operasional pelayanan," katanya.

Lebih lanjut, menurutnya bantuan yang diserahkan tidak hanya bantuan dari Kemendes PDTT, melainkan juga berasal dari Kementerian Perindustrian.



"Truk tangki air bersih ini akan dikombinasikan dengan operasional kendaraan Reverse Osmosis (RO). Ada dua bantuan dari Kementerian Perindustrian yang tiap RO mampu menyediakan 700 liter per jam air minum olahan untuk memenuhi kebutuhan 70 titik Huntara di Kabupaten Sigi," katanya.

Ia pun berharap bantuan yang telah diserahkan tersebut dapat meringankan atau membantu masyarakat, khususnya yang ada di Huntara, terutama dalam hal persediaan air bersih untuk kehidupan sehari-hari.

"Kami berharap bantuan ini bisa mempercepat proses rehabilitasi pascagempa dan likuifaksi di Kabupaten Sigi, terutama dalam hal kebutuhan air bagi masyarakat yang terkena dampak bencana alam," katanya.


(https://news.detik.com/berita)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.