Banner

Banner
Pemkab OKU

KPU Belum Putuskan Tanggal Debat Capres-Cawapres Kelima


KPU Belum Putuskan Tanggal Debat Capres-Cawapres Kelimabaturajaradio.com - KPU belum mengumumkan kapan debat capres-cawapres yang kelima bakal digelar. Menurut KPU, belum ada kesepakatan antara kedua kubu capres-cawapres soal tanggal debat terakhir tersebut.

"KPU kan awalnya mengusulkan tanggal 13 (April), ternyata kedua-duanya waktu rapat sebelumnya mengusulkan jangan tanggal 13 karena agendanya padat di hari terakhir biasanya. Maka kami serahkan, silakan mengusulkan tanggal berapa, ternyata tadi sudah masuk usulan tanggalnya tapi tanggalnya berbeda juga di antara keduanya," kata Ketua KPU Arief Budiman, di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, (26/12/2018). 



BPN Prabowo-Sandiaga disebut mengusulkan debat terakhir pada 13 April sebelum masa tenang kampanye. Sedangkan TKN Jokowi-Ma'ruf disebut mengusulkan debat terakhir pada 10 April.



Ia mengatakan KPU ingin ada kesepakatan bersama kapan debat terakhir capres-cawapres digelar. Rapat penentuan tanggal debat kelima dan nama moderator akan digelar lagi pada 28 Desember.

"KPU ingin ketika memutuskan, semua bisa bersepakat bersama-sama sampai dengan terakhir rapat juga nggak bisa diambil keputusan," ujarnya.



Sementara itu Wakil Direktur TKN Jokowi-Ma'ruf Lukman Edy mengaku tanggal penetapan debat terakhir berbeda-beda, ketika timses Jokowi berupaya mengikuti jadwal KPU tetapi kembali diubah pada rapat berikutnya. Namun, ia mengaku kapan saja siap debat terakhir asalkan tak ada perubahan tanggal lagi.

"Awalnya kita tanggal 13, artinya kami mengosongkan waktu tanggal 13, minggu lalu disepakati tanggal 10 sehingga kami geser tanggal 10 kami siap kami geser acaranya ke yang lain. Nah, sekarang maju lagi tanggal 13, ini kan maju mundur namanya. Ya kita siap saja, tapi sebaiknya jangan maju mundur ya karena mengaturnya agar ribet," kata Lukman.

Sedangkan, Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi Priyo Budi Santoso mengaku usulan debat terakhir pada 13 April dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya agar masyarakat lebih mengingat pesan kedua paslon capres-cawapres sebelum masa tenang.

"Kenapa kami usulkan tetap tanggal 13 April karena kita yakin ketika KPU menyusun draf ini sudah dengan berbagai pertimbangan. Besok sudah menuju hari tenang sehingga itulah pesan-pesan politik terakhir dari calon capres-cawapres untuk menyampaikan pada rakyat langsung dan kami menghitung debat terakhir tanggal 13 itu jutaan masyarakat menontonnya karena menit tetakhir sebelum di tutup kampanye," kata Priyo.

( https://news.detik.com/berita)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.