Banner

Banner
Pemkab OKU

Ternyata ini Penyebab Listrik di OKU Padam

baturajaradio.com -Karena seekor burung yang hinggap dikabel listrik, seluruh petugas PLN di Baturaja dibuat kerepotan, pasalnya kabel yang dihinggapi burung tersebut meledak dan putus, akibatnya arus listrik ke rumah pelanggan menjelang buka puasa kemarin sore (21/5) padam seketika. 

Alhasil para petugas PLN pun terpaksa harus berbuka puasa dijalan sembari membenahi kerusakan yang terjadi.

"Ya kemarin sore ada sekor burung yang hinggap tepatnya dikawasan Kelurahan Sukajadi, Kec. Baturaja Timur, sehingga menimbulkan ledakan dan kabel putus, burunya juga hangus" kata Manager PLN Baturaja, Edwardus kepada awak media, Selasa siang (22/5)

Disebutkannya, akibat kerusakan jaringan tersebut, beberapa wilayah dibumi sebimbing sekundang jaringan aliran listriknya terganggu dan padam. Misalnya seperti di Sukajadi, KPR Permata, Pangeran Hajib, Air Gading, Sutomo, stasiun PJKA dan Jalan Akmal.

"Selain itu Kebun jeruk, Kebun jati, Pasar Tempel Saung Naga, Talang jawa, Tanjung agung, Pusar, Laya dan Tebing plawi juga mengalami kondisi sama. Terkena dampak gangguan," kata Edwardus.

Kemarin menjelang berbuka puasa mengetahui hal tersebut, pihaknya langsung turun kelapangan untuk melakukan perbaikan. Bahkan petugas PLN yang melaksanakan ibadah puasa juga harus berbuka di jalan atau lapangan. Bahka sampai malam masih melakukan perbaikan.

"Petugas kita buka di lapangan demi pelayanan ke masyarakat cepat dan aliran listrik bisa menyala kembali," jelasnya.

Disinggung mengenai apakah bisa burung yang hinggap dikabel menyebabkan ledakan, kata Edwar hal itu bisa terjadi. Jika burung bersentuhan antara jaringan dan bracket, bahasa listrik nya antara positi dan negatif menimbulkan ledakan dan menyebabkan kabel putus. "Tetapi kalau burung nya bertengger hanya di kawat saja tidak terjadi trip atau putus," Tandasnya. (http://www.detiksumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.