Banner

Banner
Pemkab OKU

Resep Iga Bakar Spesial Enak Lezat dan Mudah

baturajaradio.com - Iga bakar, merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi kan di telinga kita. Iya iga bakar adalah makanan yang berbahan utamanya dari iga sapi yang sangat empuk dan lembuat, makanan ini memiliki rasa yang sangat begitu enak dari perpaduan rasa gurih, pedas, dan manis. Iga bakar masuk ke kategori makanan kalangan menengah samapi kalangan atas, iga bakar harganya cukup agak malah. Tapi sepadan kok dengan rasanya sangat enak, makanan ini sangat di tunggu – tunggu oleh keluarga kalo saat lagi kumpul. Terus iga bakar juga hampir mirip dengan BBQ, karna pembuatannya begitu sangat mirip, iya itu di bakar dan bumbunya juga ada yang hampir mirip dengan iga bakar.

Iga bakar yang rasanya pedas dari cabai, dan rasa manis dari kecap. Yang bisa menggugah selera kita yang jadi tidak sabar untuk menyantap nya. Iga bakar juga hampir mudah di temukan di setiap menu resetoran, karna mudah di temukan tidak salah makanan ini banyak di sukai oleh banyak orang. Nah untuk anda yang sangat suka dengan makanan yang olahan dari daging sapi, kalian wajib untuk mencoba iga bakar pedas manis. Untuk anda yang ingin mencoba mencicipi iga bakar, tidak usah jauh-jauh lagi ke restoran atau kedai makanan olahan dari daging sapi, anda cukup melihat resep dan caranya di bawah sini.

Bahan – bahan:

iga sapi sebanyak 500 gr, di potong – potong lalu di cuci sampai bersih
Kecap manis sebanyak 6 sendok makan
Gula merah sebanyak 1 sendok makan
Santan sebanyak 1 bungkus
Garam sebanyak 1 sendok teh
Larutan asam jawa sebanyak 2 sendok makan
Ketumbar bubuk sebanyak 1 sendok makan
Kaldu sapi bubuk sebanyak ½ sendok teh
Air putih sebanyak 800 ml
Minyak goreng sebanyak 2 sendok makan, untuk menumis bumbu

Bumbu yang harus di haluskan :

Bawang merah sebanyak 4 butir
Cabai keriting merah sebanyak 5 buah, kalo suka pedas bisa di tambah lagi sesuai selera
Bawang putih seban yak 3 siung
Lengkuas 2 cm
Kemiri bakar sebanyak 2 butir

Langkah pembuatan iga bakar :

Terlebih dahulu iga sapi di potong – potong, terus di cuci lagi sampai bersih lalu di tiriskan, terus di rumuri menggunakan bumbu yang tadi di haluskan dan diamkan iganya kurang lebih 30 menitan.

Lalu minyak di panaskan, terus iga sapinya yang sudah terbalut dengan bumbu di tumis, sampai mengeluarkan bau yang sangat harum dan warnanya berubah.

Tuangkan air putihnya, di beri garam, ketumbar, kaldu bubuk, larutan asam jawa, dan gula merahnya, di masak sampai kuahnya mendidih.

Terus masukan kecap manisnya, di aduk sampai merata terus di masukan santan, di masak sambil terus di aduk sekali kali sampai kuahnya mengental dengan tinggal sedikit kuahnya, dan tekstur dagingnya empuk terus bumbunya menyerap, terus api di matikan.

Nah setelah iga nya dingin, iga sapi di bakar sambil terus di olesi sekali kali menggunakan sisa bumbu tadi. Iga bakar di bolak balik biar iga matang sempurna.

Kalo sudah matang iga bakar sudah siap di sajikan.

http://resepmakanansedap.com/resep-cara-membuat-iga-bakar-spesial-enak-lezat-dan-mudah/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.