Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Mengganti / Memasang Selang Dispenser Yang Bocor


baturajaradio.com - Memiliki dispenser yang awet, tahan lama dan tanpa masalah adalah idaman kita yang masih suka minum air dari botol galon. Namun apa jadinya bila ada masalah yang timbul akibat usia pakai dispenser yang sudah uzur. Seperti kebocoran yang terjadi pada dispenser.

Kebocoran pada dispenser biasanya terjadi akibat sudah kendornya selang atau pipa-pipa saluran air yang terdapat pada bagian dalam dispenser. untuk memperbaikinya sangatlah gampang, kita tinggal menggantinya dengan selang atau pipa yang baru. Namun tidak semudah itu, spare part tiap tiap merek dispenser berbeda ukuran.

Namun anda jangan panik dulu, di pasaran sudah tersedia satu set selang khusus yang dapat digunakan untuk berbagai merek dispenser, baik untuk panas ataupun dingin. Satu set selang terdiri dari lima selang dengan bentuk dan ukuran yang berbeda dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar Rp. 22,500,-. Berikut ini saya berikan artikel mengenai langkah-langkah cara mengganti selang atau pipa dispenser air mineral, bila masih belum jelas anda dapat menonton Vedeonya di bagian bawah artrikel.

Alat dan bahan untuk mengganti / memasang selang dispenser:
  1. Obeng
  2. Gunting
  3. Pisau cutter
  4. Satu set selang dispenser (Rp. 22,500,-)
  5. Satu bungkus ripet isi 10 buah (Rp. 1,000,-)

Cara mengganti / memasang selang dispenser:

  1. Pastikan anda telah menguras seluruh air yang ada di dalam tabung pemanas dan saluran-saluran / pipa-pipa airnya. Caranya adalah pertama anda lepaskan dahulu botol galon, lalu buka kedua keran dan miringkan dispenser. Buka juga pipa pembuangan yang ada pada bagian bawah tabung pemanas (heater), bagian ini biasanya dalam keadaan tersumbat, buka sumbatannya lalu keluarkan airnya. terakhir balikkan posisi dispenser, bagian atas di bawah dan bagian bawah di posisi atas, cara ini adalah untuk mengeluarkan air yang ada pada tabung pemanas.
  2. Buka bagian belakang dispenser dengan melepaskan baud-baudnya.
  3. Bila kebocoran terjadi pada selang yang terhubung ke tabung pemanas sebaiknya lepaskan skrup tabung pemanas untuk memudahkan pemasangan selang yang baru.
  4. Cabut semua selang dan pipa yang terindikasi terjadinya kebocoran, lalu coba pasangkan selang baru, kreatiflah dengan mencoba berulang untuk mendapatkan hasil yang terbaik. 
  5. Setelah selang 'baru' terpasang, ikat tiap bagian sambungan dengan ripet untuk mencegah kebocoran dari sambungan.
  6. Terakhir coba letakkan botol galon pada dispenser, periksa apakah ada kebocoran, bila tidak maka anda sudah dapat menutup kembali bagian belakang dispenser.
(https://perawatanrtdonto.blogspot.co.id/2017/07/cara-mengganti-memasang-selang-dispenser-yang-bocor.html)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.