Banner

Banner
Pemkab OKU

Ketahui Hal-Hal Ini Jika Ingin Bekerja ke Luar Negeri



Baturajaradio.com - Bekerja di luar negeri menjadi salah satu cara praktis untuk mengubah nasib. Aktivitas tersebut melekat erat dengan sosok Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sampai dengan detik ini masih didominasi kaum perempuan. Harus diakui Indonesia menjadi salah satu pemasok aktif di bidang SDM untuk berbagai negara.

Iming-iming honor yang tinggi tak ayal membuat sebagian dari kita tergiur untuk bekerja di luar negeri. Bagi Anda yang tertarik bekerja di luar negeri, alangkah baiknya mencari tahu apa saja yang mesti dipersiapkan agar tidak mengalami kendala saat bekerja di sana. Apa saja yang perlu diketahui apabila sudah memutuskan bekerja di luar negeri? Berikut ini ulasannya.

1. Pentingnya Izin Keluarga

Mengapa izin ini penting? Walaupun terlihat sepele, tapi berpengaruh besar bagi kesuksesan kita di negeri orang. Kalau pun sudah tidak mempunyai orang tua, diskusikan keinginan Anda dengan keluarga terdekat. Perlu diingat, keputusan bekerja di luar negeri sendiri bukanlah hal yang main-main.

2. Niat dan Skill yang Mumpuni

Untuk bisa sukses bekerja di luar negeri, niat saja tidaklah cukup. Dalam dunia kerja, walaupun niat sudah ada, tapi skill-nya kurang memadai, kecil kemungkinan untuk diterima di perusahaan luar negeri. Manfaatkan beberapa lembaga kursus untuk memperkaya skill Anda atau berbagi pengalaman dengan orang yang berpengalaman kerja di luar negeri juga bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi kita.
3. Siapkan Biaya Awal yang Cukup

Jika langkah 1-2 sudah terpenuhi, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah biaya. Sebab di luar negeri tidak hanya hidup 1-2 hari, tetapi beberapa bulan (sesuai kontrak). Untuk bulan-bulan pertama, harus dipersiapkan biaya lebih untuk administrasi (visa, paspor, dan lain-lain), biaya sehari-hari, dan biaya lainnya. Hal ini menjadi penting bagi Anda yang ingin bekerja di luar negeri.

4. Kelengkapan Dokumen-Dokumen

Beberapa negara di luar negeri sangat ketat mengawasi identitas setiap pekerjanya. Terlalu berisiko kalau Anda berangkat tanpa Visa dan paspor yang akurat. Jika berangkat secara ilegal, bukannya kesuksesan yang didapat, melainkan terperangkap di sana dengan hukuman yang cukup berat.

5. Kesiapan Mental

Harus memiliki mental yang mumpuni bila ingin bekerja di luar negeri. Indonesia berbeda dengan negara-negara di luar. Mulai dari budaya dan kebiasaan sehari-hari. Sebelum berangkat, alangkah baiknya membaca atau mengakses informasi seputar negara tujuan. Hal ini menjadi nilai plus yang tidak terduga.

Beberapa Tips Ini Akan Memudahkan untuk Beradaptasi di Luar Negeri

Ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan dengan baik agar bisa beradaptasi di luar negeri.
1. Pelajari Bahasa Setempat

Banyaknya lembaga kursus bahasa asing menjadi keuntungan tersendiri untuk belajar bahasa asing. Saat ini banyak disediakan berbagai paket pembelajaran berdasarkan program dan waktu yang sesuai kebutuhan. Hampir sebagian besar agen penyalur pekerja juga menyediakan kursus singkat.

2. Bergabung dengan Serikat Pekerja di Negara Tersebut

Di setiap negara ada serikat pekerja Indonesia. Bisa saja Anda bertukar pengalaman dengan mereka. Hal ini mampu mempererat persaudaraan sekaligus mengurangi rasa minder atau malu untuk berinteraksi dengan penduduk setempat.

3. Konseling dengan Agen Penyalur

Konseling ini berkaitan dengan komunikasi. Tidak ada salahnya untuk sekadar curhat atau meminta saran demi pengembangan kualitas diri di luar negeri.

4. Mendatangi Acara Perusahaan

Hampir sama seperti di Indonesia, Jika ada acara yang diselenggarakan perusahaan, pastikan untuk menghadirinya. Jangan sampai orang berpandangan negatif terhadap diri Anda hanya karena mengabaikan acara. Maksimalkan momen tersebut untuk lebih mengenal karyawan satu sama lain.

5. Komunikasi Antarkeluarga

Sindrom homesick akan selalu menyerang setiap orang yang pergi dari rumahnya. Tetap jaga komunikasi dengan pihak keluarga, relasi, atau agen pekerja. Jangan sampai terjadi “kacang lupa kulitnya”.


Cara Mendapatkan Pekerjaan di Luar Negeri

Berangkat ke Luar Negeri via shutterstock.com

Selain pertimbangan-pertimbangan di atas, di bawah ini akan sedikit dijabarkan cara mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Tidak menutup kemungkinan ada peluang lain, tetapi kalau belum ada, cobalah lewat cara ini.

1. Dapatkan Info dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Berbagai macam brosur atau selebaran yang berisi peluang kerja luar negeri biasanya dibagikan cuma-cuma dari dinas tenaga kerja. Kalau tidak ada, bisa mengakses atau mendatangi langsung untuk menanyakan lowongan. Kadang tidak bisa instan sebab membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, kita harus hati-hati dan benar-benar selektif dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kita.

2. Jalin Komunikasi dengan Headhunter

Dengan memanfaatkan zaman digital, cobalah menggunakan jejaring sosial seperti LinkedIn. Akan ada informasi peluang kerja, baik dalam maupun luar negeri dan kesemuanya di-update secara berkala.

3. Dapatkan Lewat Perekrutan secara Online

Perekrutan secara online menjadi cara yang digunakan banyak orang dalam mendapatkan pekerjaan. Sebelumnya, harus registrasi di situs pencari pekerjaan untuk membuat akun. Masukkan Curriculum Vitae atau resume supaya disertakan. Kebanyakan situs-situs tersebut akan mencarikan pekerjaan yang sesuai dengan skill kita.

4. Temukan di Website Perusahaan

Perusahaan yang dinamis pasti memiliki website yang aktif. Terlebih perusahaan-perusahaan global. Selain bisa mendapatkan profil perusahaan, kita bisa mengakses info lowongan kerja dari website tersebut.

Kesabaran dan Kerja Keras, Itulah Kuncinya 

Kunci dari semua hal di atas hanya satu, yaitu kesabaran dan kerja keras. Anda tidak mendapat pekerjaan yang sesuai jika tidak sabar dan bekerja keras. Faktanya, tidak hanya Anda yang membutuhkan peluang bekerja di luar negeri.

Jadi, bersabarlah dan bekerja keras. Sementara menunggu peluang, alih-alih maksimalkan kemampuan berbahasa dan skill Anda. Semakin matang, secara tidak langsung akan meningkatkan nilai Anda. Bagaimana? Siapkah Anda bekerja di luar negeri?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.