Banner

Banner
Pemkab OKU

Beredar Sarden Mengandung Cacing, Warga Diminta Tenang & Waspada Terhadap Produk Tak Layak Edar

Baturajaradio.com - Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan, mengaku telah menerima surat edaran yang dikirimkan oleh Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pusat terkait 27 Merek Sarden Ikan yang positif mengandung cacing.

Dari 27 merk sarden yang dirilis, Yustianus, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel mengatakan, memang terdapat salah satu merek produk yang dipasarkan di wilayah Sumsel.

Meskipun demikian, masyarakat diminta untuk tetap tenang sebab merk tersebut berbeda nomor registrasi produk yang ada di BPOM Sumsel.

"Memang ada merk yang sama dari daftar BPOM, contohnya HOKI namun sudah kita pastikan melalui BPOM bahwa nomornya berbeda dan tak ditemukan di Sumsel, jadi masyarakat tak perlu khawatir, kami pun bersama BPOM bahkan sudah melakukan sidak ke lapangan," jelasnya, Kamis (29/3/2018) malam saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Pihaknya pun hingga kini masih terus berkoordinasi dan mengantisipasi produk-produk yang tak layar edar/jual tidak ada dipasaran.

"Kalaupun ada pasti langsung kita tarik, kita berpanduan dengan BPOM sebagai lembaga pengawas jika kata BPOM ada maka langsung ditarik," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM RI menarik 27 merk ikan kalengan atau Sarden Makarel dari pasaran yang menunjukan hasil pengujian positif mengandung parasit cacing.

Hasil pengujian menunjukan 27 Merk yang terdiri dari 16 produk impor dan 11 merek produk dalam negeri, positif mengandung parasit cacing. (http://palembang.tribunnews.com)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.