Banner

Banner
Pemkab OKU

7 Cara Merawat HP Android Agar Tidak Lemot Dan Awet

Baturaja Radio.com - Setiap produk yang dihasilkan manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Salah satunya adalah hp dengan sistem operasi android. Handphone android pertama kali dibeli pasti memiliki performance yang super baik tetapi dengan berjalanan waktu pasti ada saja yang mengalami penurunan perfomance. Situasi dimana hp android lemot ini merupakan hal yang biasa dialami oleh hp android. Selain lemot, hp android juga sering lag, force close atau crash. Pada artikel ini akan dibahas penyebab hp android lemot, cara merawat hp android agar tidak lemot serta cara meningkatkan performance hp android.

Berikut ini penyebab hp android lemot yang telah dirangkum oleh tim survey daftarhargahp.co.id, antara lain:
  • Memory Internal dan Eksternal Mendekati Penuh
Telah kita ketahui bersama jika memory internal hp android penuh maka proses IC dalam mesih hp android akan bekerja lebih lama karena memuat data – data yang ada di memory internal. Sedangkan untuk memory eksternal hp android mendekati penuh dapat berdampak hp android lemot karena membuat kerja IC bekerja dua kali lipat.
  • RAM Kecil dan Applikasi Banyak
Karena dengan RAM yang kecil membuat hp android bekerja lebih lama. Menurut lembaga penelitian, 50% – 60%  untuk menjalankan sistem operasi android. Jika aplikasi dalam hp android banyak dan ram kecil maka akan berdampak proses yang bekerja dalam hp android akan lama. Aplikasi yang sering banyak di install adalah gamer online. Meskipun hp Android khusus game pasti akan mengalami lag kalau di instal beberapa aplikasi game yang berat – berat.
  • Tidak di Update
Handphone dengan sistem operasi android pasti sering meminta update atau versi terbaru. Jika hp android tidak terpasang versi terbaru untuk beberapa aplikasi maka tidak menutup kemungkinan hp android akan berjalan lambat atau lemot.
Setelah kita mengetahui penyebabnya, sebaiknya kita mengindari penyebab itu dengan cara merawat hp android agar tidak lemot. Berikut ini cara merawat hp android agar tidak lemot versi daftarhargahp.co.id, antara lain:
  • Perhatikan Jumlah Memory
Memerhatikan kapasitas memory dapat membuat kita aware terhadap kondisi hp android. Jumlah memory dan RAM yang kecil usahakan jangan menginstal aplikasi yang berlibih. Kami sarankan untuk menggunakan aplikasi serbaguna. Jika android kamu sudah diroot, salah satu aplikasi multifungsi yang banyak digunakan adalah Apps2sd. Serta jangan gunakan aplikasi antivirus lebih dari satu. Gunakanlah aplikasi antivirus yang handal. Selain itu juga gunakan hp android sebagaimana mestinya artinya tidak menggunakan hp android dalam kondisi pengisian baterai atau jangan melakukan multitasking / membuka banyak aplikasi secara bersamaan.
  • Selalu update software
  • Pastikan hp android Anda selalu diupdate supaya program atau aplikasi terbebas dari masalah. Untuk update software, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi atau program yang berbayar. Karena program atau aplikasi gratis biasanya terdapat program yang bisa membuat hp android Anda menjadi lamban atau lemot.
  • Lakukan factory reset
  • Melakukan factory reset ini merupakan cara terakhir untuk membuat hp android tidak lemot. Karena dengan melakukan factory reset berarti mengembalikan data Anda kembali ke pengaturan awal pabrikan. Hal ini berdampak mengilangkan pula semua fitur atau aplikasi yang berada di hp android Anda. Sebelum melakukan factory reset, sebaiknya kami sarankan untuk mematikan fitur auto sync. Fitur auto sync ini menghubungkan komputer semua akun yang terpasang di hp android Anda. Karena fitur auto sync seringkali membebankan memory hp android Anda dalam beroperasi, ketika fitur ini dimatikan berarti akan mengurasi jumlah pekerjaan memory hp android Anda. Setelah Anda melakukan factory reset, Anda juga sebaiknya mengunakan custom ROM sehingga Anda dapat meningkatkan performance hp android Anda.
    Ketiga cara tersebut memang dirasa penting untuk merawat hp andoid agar tidak lemot. Kami juga memberikan tips cara meningkatkan performance hp android Anda. Berikut ini ulasan selengkapnya
  • Pindahkan atau Hapus Aplikasi
  • Ketika memory hp android Anda penuh maka sebaiknya Anda pindahkan sebagian file yang penting ke memory eksternal tetapi jangan biarkan memory eksternal penuh juga.  Menginstall banyak aplikasi dan menjalankan nya secara bersamaan, selain membuat memori penuh juga membuat kinerja Android menjadi berat. Android juga bisa eror hingga bisa me-restart sendiri, meski ada cara mengatasi Android restart sendiri, tetap saja hapus aplikasi yang tidak berguna. Gunakan aplikasi chat terbaik versi kamu saja.
    Setiap produk buatan manusia apalagi itu mesin pastilah mengalami kelelahan ketika digukan terus menerus tanpa dilakukan perawatan. Begitulah cara merawat hp android agar tidak lemot, caranya praktis silahkan praktikan. Semoga bermanfaat.
    (https://daftarhargahp.co.id/cara-merawat-hp-android-agar-tidak-lemot)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.