Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Tugu Belido Kota Palembang Dilengkapi Semburan Air dan Pos Pengamanan

BaturajaRadio.com - Pasca dilakukan serah terima Tugu Belido dari PT Bukit Asam ke Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.
Pemkot Palembang akan melakukan upgrade pompa untuk menghasilkan semburan yang lebih besar dan juga akan membangun pos pengamanan disertai dengan taman.
Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Teguh, usai Launching Tugu Belido, Minggu (11/2) mengatakan, tahap pertama yang akan dilakukan pasca penyerahan oleh PTBA, melakukan modifikasi pompa sehingga semburan yang dihasilkan lebih besar.
"Kami akan menyiapkan tim dari Pemkot untuk menambah kekuatan semburan pompa ini," ujarnya.
Tahap kedua, Bank Sumsel Babel Cabang Palembang akan membangun pos pengamanan di sekitar Tugu Belido dengan jarak sekitar 50 meter.
"Bank Sumsel Babel Cabang Palembang sudah menyiapkan dana Rp 250 juta untuk pembangunan ini. Tidak hanya pos pengamanan, tetapi akan semakin memperindah icon baru Kota Palembang ini," ujarnya.
Direktur Utama (Dirut) PTBA, Arviyan Arifin menyampaikan, pihaknya siap memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Sumatera Selatan (Sumsel) dan Palembang.
Dimana, tugu Belido yang diserahkan ke Walikota Palembang Harnojoyo, adalah awal dari suport program PTBA terhadap pembangunan melalui Forum CSR Kota Palembang yang dilantik hari ini.
"Kedepan, tidak hanya Rp 3 miliar, kita akan suport program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah lebih besar lagi,"a
Arviyan menerangkan, Tugu Belido Bukit Asam memiliki tinggi 9 meter, dengan panjang patung ikan mencapai 12 meter dan tinggi sekitar 6 meter. Patung ikan yang terbuat dari tembaga dengan tebal 1,2 mm dan dilapisi perak ini memiliki berat mencapai 3 ton.
Pemilihan BKB sebagai tempat dibangunnya Tugu Belido ini karena tampat ini menjadi salah satu pusat keramaian yang diminati oleh masyarakat, wisatawan serta tempat diselenggarakannya berbagai kegiatan.
"Kami berharap tugu belido ini dapat dijaga dan dirawat," ujarnya.
Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo berharap keberadaan tugu Belido ini dapat dijaga dan dirawat.
Sehingga kedepan Palembang akan menjadi tujuan destinasi baru pariwisata.
"Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada PTBA yang telah mensuport pembuatan ikon baru Palembang berupa tugu Iwak Belido yang menjadi ikan khas Sungai Musi," ujarnya.(palembang.tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.