Banner

Banner
Pemkab OKU

Ribuan keluarga penerima manfaat di OKU terima raskin

baturajaradio.com - Sebanyak 15.357 keluarga penerima manfaat masyarakat kurang mampu di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan menerima bantuan beras miskin yang disalurkan oleh pemerintah pusat pada tahun ini.

"Pada 2018 ini, sebanyak 15.357 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sebelumnya disebut Rumah Tangga Sasaran (RTS) akan menerima bantuan sosial beras sejahtera (Rastra)," kata Kepala Dinas Sosial Ogan Komering Ulu (OKU), Syaiful Kamal di Baturaja, Sabtu.

Jumlah KPM tersebut diperoleh dari hasil validasi data base yang diberikan Kementrian Sosial (Kemensos) sejak September hingga Desember 2017.

Data yang diperoleh itu kata Syaiful, selain sebagai data validasi jumlah KPM dalam program bansos Rastra, juga akan digunakan untuk menyalurkan bantuan program Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) pada tahun ini.

"Memang untuk tahap awal pada 2018, kami masih menyalurkan bansos Rastra berupa bantuan beras standar medium sebanyak 10 kilogram tanpa menebus alias gratis," jelasnya.

Namun, jika program BPNT sudah berjalan maka data 15.357 KPM itu akan dipergunakan sebagai jumlah masyarakat penerima bantuan di OKU.

Pihaknya sendiri saat ini akan membentuk tim koordinasi tingkat kabupaten dan kecamatan terkait direalisasikannya program bansos BPNT maupun Rastra.

"Kami juga sudah melaksanakan rapat yang dipimpin Sekda OKU, dalam intinya akan diusulkan tim koordinator dengan Surat Keputusan (SK) Bupati sesuai dengan pedoman umum bansos Rastra dan BPNT," kata Syaiful.

Tim koordinator ini nantinya bertugas untuk memastikan kelancaran program bansos rastra dan BPNT termasuk ketersediaan dan stabilitas pangan lokal di wilayah itu. (https://sumsel.antaranews.com/berita/329349/ribuan-keluarga-penerima-manfaat-di-oku-terima-raskin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.