Banner

Banner
Pemkab OKU

Ketua Perpadi OKU Timur Buka Peternakan Kambing untuk Mencukupi Kebutuhan Daging Pasar

Baturajaradio.com - Dalam rangka mendukung program pemerintah pusat untuk mewujudkan swasembada daging, Ketua Persatuan Penggilingan Padi (Perpadi) OKU Timur, H. Faisal Habibur, juga mengembangkan usaha pengembangbiakan atau peternakan kambing maupun ayam.
Kepada Sripoku.com, Faisal mengaku mendapatkan bibit kambing lokal dari warga yang masih berusia enam bulan dengan harga Rp. 800 Ribu per ekor.
Setelah mendapatkan bibit, Faisal kemudian membawanya ke peternakan untuk dikembangbiakkan.
Sedangkan untuk memastikan kesehatan hewan tersebut, dirinya berkerjasama dengan dokter hewan guna mengetahui perkembangan dan kondisi kesehatan kambingnya.
"Sedangkan untuk pakannya menggunakan rumput yang diolah dengan batang pisang dengan cara dicacah, dicampur gula maupun air tebu, garam, probiotik yang kemudian difermentasi."
"Masa melakukan produksi pakan olahan ini minimal 48 jam."
"Setelah berhasil difermentasi pakan baru diberikan kepada kambing," kata Faisal, Jumat (16/2/2018).
===
Adanya pakan olahan tersebut, kata Faisal, untuk mengantisipasi kemungkinan kekurangan rumput terutama saat memasuki musim kemarau.
Namun dia mengaku saat ini tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan pakan kambing karena cukup banyak masyarakat yang menjual rumput, sehingga bisa membuka peluang kerja dan mengurangi pengangguran.
"Usaha ini juga untuk membantu masyarakat agar ada kesemapatan kerja."
"Jumlah pekerja yang ada di kandang ternak saya saat ini sebanyak 14 karyawan dan seluruhnya berasal dari masyarakat sekitar,” katanya.
(http://palembang.tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.