Banner

Banner
Pemkab OKU

Kemenkes Percepat Penempatan Program Nusantara Sehat

Baturajaradio.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek mengatakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memutuskan untuk mempercepat penempatan tenaga kesehatan (nakes) di program Nusantara Sehat. Awalnya mereka mengikuti program selama dua tahun kini menjadi setahun saja.

Nila mengaku dirinya telah berbicara dengan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kemenkes Usman Sumantri mengenai program Nusantara Sehat. Hasilnya, Kemenkes menyepakati tenaga kesehatan yang mengikuti program Nusantara Sehat yang semula dua tahun dipercepat menjadi satu tahun. Kemudian untuk spesialisnya juga enam bulan.

"Kami percepat pergantiannya karena kami harus mengetahui betul tidak mungkin terlalu lama di situ. Sulit kehidupan di situ (daerah terpencil)," ujarnya, di Jakarta Selatan, Senin (19/2).

Sebelumnya nakes ini ditempatkan di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dengan kriteria terpencil atau sangat terpencil di daerah terpencil perbatasan kepulauan (DTPK) di seluruh wilayah Indonesia selama dua tahun. Sasaran program Nusantara Sehat adalah terpenuhinya jumlah dan jenis tenaga kesehatan sesuai dengan standar di puskesmas di DTPK, serta terwujudnya penguatan dan pemenuhan kebutuhan pelayanan di puskesmas. (nasional.republika.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.