Banner

Banner
Pemkab OKU

BMKG: Puncak Musim Hujan dan Cuaca Ekstrem Februari-Maret 2018


BaturajaRadio.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim hujan akan berlangsung mulai Februari hingga Maret. Diperkirakan pada waktu-waktu itu terjadi hujan ekstrem.

"Wilayah Indonesia mengalami puncak musim hujan di bulan Februari dan diperkirakan akan terus berlangsung pada bulan Maret. Akan masih mengalami kondisi hujan dan puncak musim hujan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018).

Menurut Dwikorita, wilayah Jabodetabek juga mengalami puncak musim hujan. Puncak hujan di wilayah Jabodetabek dengan curah hujan tertinggi terjadi pada 5 Januari, dengan posisi 152,0 milimeter. Sedangkan hari ini curah hujan 164,0 milimeter.



Selain itu, masih ada beberapa wilayah di Indonesia yang memasuki puncak musim hujan. Wilayah itu adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Jawa Timur, NTT, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua Barat, dan Papua.

Tidak hanya itu, kondisi hujan ekstrem juga masih berpotensi terjadi di Jawa Tengah bagian utara dan beberapa wilayah di perairan di sebelah barat Sulawesi serta Jawa Timur di bagian timur dan utara.

"Itulah peluang terjadinya cuaca ekstrem dalam waktu 3 minggu ke depan," sebutnya.

Selanjutnya, hujan disertai angin kencang dengan kecepatan di atas 20 knot juga berpotensi terjadi di wilayah lain di Indonesia. Daerah yang akan berpotensi dilanda angin kencang ini adalah Laut Cina Selatan, Laut Natuna, Riau, Kepulauan Riau, Laut Jawa, Laut Banda, Samudra Hindia selatan Jawa Tengah-NTB, dan Laut Arafuru.

"Potensi angin kencang tersebut berdampak pada gelombang laut dr 2,5 meter sampai 6 meter," tuturnya. (news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.