Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

6 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak


BaturajaRadio.com - Kamu pasti nggak mau dong laptop yang baru kamu beli cepat rusak karena kurangnya perawatan atau malah karena perawatan yang salah. Kalau iya dan kamu lagi butuh tips agar laptop kamu awet, kamu datang ke artikel yang tepat. Ini dia cara merawat laptop agar tidak cepat rusak.
Laptop itu kan merupakan barang mahal ya, apalagi kalau kamu pake ASUS ROG yang 30 jutaan itu. Jadi, daripada buang duit karena kecerobohan kamu dalam merawat laptop, mending lanjut baca sampe habis 6 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak di bawah ini.

1. Jangan Taruh Laptop di Atas Kasur

Ini yang paling penting untuk merawat laptop agar awet. Jika kamu menaruh laptop kamu di atas kasur, sirkulasi udara di laptop kamu tidak akan berjalan dengan lancar. Udara pembuangan akan sulit keluar karena tertahan badan kasur. Akibatnya, udara panas pembuangan tersebut berputar kembali ke dalam laptop kamu dan membuat komponen-komponen laptop kamu malah NAMBAH PANAS. Parah kan?

2. Jangan Mengangkat Laptop dalam Keadaan Menyala

Mengapa tidak boleh? Karena laptop yang dalam keadaan menyala, Harddisk-nya masih bekerja dan takutnya piringan Harddisk bisa tergores dan menyebabkan BAD SECTOR.

3. Jangan Menutup LCD Laptop Setelah Digunakan

Loh, kok gak boleh? Terus gimana dong? Sebenarnya boleh-boleh saja kalau laptop kamu masih dingin karena main di ruangan ber-AC atau pada waktu subuh hari. Yang gak boleh itu kalau laptop kamu masih dalam keadaan hangat atau bahkan panas.
Untuk merawat laptop agar tidak cepat rusak, hindari menutup LCD laptop langsung karena udara panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai LCD dan dapat berakibat fatal pada LCD tersebut. Jika kamu berada di sekolah atau di kantor yang gak ber-AC atau udaranya panas, sebaiknya setengah jam sebelum jam pulang matikan dulu laptopnya.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat

Kalau game-game seperti Angry Birds atau Zuma ya gak apa-apa. Yang jadi masalahnya laptop kamu sering dimainin game-game berat, seperti GTA VCall off Duty Advanced WarfarePES 2016, dan sebagainya. Jika mainnya kelamaan akan dapat menyebabkan komponen laptop menjadi overheat dan baterai laptop kamu bisa rusak/bocor.

5. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Laptop yang digunakan terlalu lama bisa saja terkena overheat (panas yang berlebihan). Perlu diingat laptop berbeda dengan komputer yang dapat dinyalakan 24 jam nonstop.

6. Sering-Sering Membersihkan Laptop Kamu

Nah, ini yang gak boleh ketinggalan. Jangan lupa pula selalu membersihkan laptop kamu minimal 2 minggu sekali. Debu-debu yang menempel di komponen laptop kamu dapat memperlambat kinerja laptop kamu dan membuat laptop kamu cepat panas. Adapun yang perlu dibersihkan antara lain, LCD, Keyboard, lubang sirkulasi udara, dan baterai. Jika kamu mahir bongkar pasang laptop, bersihkan pula bagian dalam laptop kamu ya.
Nah, itulah 6 tips merawat laptop agar tidak cepat rusak yang bisa Jaka berikan untuk kamu. Semoga bermanfaat ya.
(https://jalantikus.com/gadgets/6-tips-merawat-laptop-agar-awet)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.