Banner

Banner
Pemkab OKU

BMKG Prediksi Sebagian Besar Wilayah RI Hujan Lebat 5 Hari ke Depan

Baturajaradio.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat terkait potensi adanya hujan lebat. Hujan lebat diprediksi akan terjadi dalam lima hari ke depan.

"Dari pantauan kondisi dinamika atmosfer terkini terindikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode 5 hari ke depan 18-22 Januari 2017," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo lewat keterangan tertulisnya, Kamis (18/1/2018).

Atas kondisi tersebut, BMKG mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dampak hujan deras tersebut. Beberapa potensi dampak yang akan muncul di antaranya ialah banjir, longsor, genangan, banjir bandang, dan pohon tumbang juga turut meningkat.

Potensi munculnya hujan deras ini juga berimbas pada kondisi permukaan laut. Diprediksi ketinggian gelombang akan ikut naik.

"Wilayah perairan Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan Banten hingga perairan selatan Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat diperkirakan ketinggian gelombang antara 2-4 meter," katanya.

Kondisi ini cukup berbahaya bagi kapal nelayan dan juga bagi masyarakat pesisir. Daerah yang diperkirakan terimbas antara lain di wilayah Pelabuhan Ratu, Pantai Pangandaran, Pantai Cilacap, Parang Tritis, Pantai Pacitan, dan Pantai Selatan Banyuwangi.

"Masyarakat diharapkan agar berhati-hati karena gelombang tinggi di wilayah pesisir selatan Jawa cenderung meningkat pada sore hingga malam hari," ucap Mulyono.

BMKG menyebut potensi hujan deras akan timbul di beberapa daerah, yaitu:

- Aceh 
- Sumatera Utara 
- Bengkulu
- Sumatera Selatan 
- Lampung
- Banten 
- DKI Jakarta 
- Jawa Barat 
- Jawa Tengah 
- DI Yogyakarta 
- Jawa Timur
- Bali 
- NTB 
- NTT 
- Kalimantan Utara 
- Kalimantan Timur 
- Sulawesi Selatan 
- Sulawesi Tenggara 
- Maluku 
- Maluku Utara
- Papua 

(https://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.