Header Ads

Pemudik Diimbau Berhati-hati Melintas di Jalur OKU Selatan, Karena Rawan Longsor

Baturaja Radio - Satlantas Polres OKU Selatan dan pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan menghimbau pemudik untuk berhati-hati terhadap beberapa titik yang rawan longsor.
 
Pantauan di lapangan terdapat empat titik rawan bencana longsor yakni Jalan Raya Ranau, Pulau Beringin, Jalan Raya Simpang dan Jalan Raya Muaradua Kisam.

Karena mengingat wilayah Kabupaten OKU selatan terdiri dataran tinggi berbukit, curam, sehinggacukup rawan terjadinya bencana longsor dan kecelakaan.

Sesuai yang di utarakan Kapolres OKU Selatan AKBP Ahmad Pardomuan SIK. MH Melalui kasat Lantas AKP Julius Meta Jiwa SH mengatakan, dengan adanya kondisi daerah yang rawan  longsor dan kecelakaan.

"Untuk pemudik khususnya masyarakat OKU Selatan agar berhati-hati serta berkendara menggunakan kelengakapan safety," ujar Kasat Lantas.

Menurutnya saat ini Satlantas Polres OKU Selatan mulai melakukaan pemetaan terhadap titik rawan kecelakaan.

Beberapa titik yang dianggap rawan adalah jalan lintas Raya Ranau, Pulau Beringin, Muaradua Kisam hingga daerah Kecamatan Simpang menuju kota Muaradua yang kini menjadi fokus perhatian bersama.

“Dari hasil pemetaan terdapat beberapa rute yang rawan kecelakaan. Dalam catatan kita beberapa titik rawan longsor diantaranya jalan raya Ranau dari desa Bendi sampai ke daerah Simpang Sender. Sedangkan untuk pengendara dari Kecamatan Simpang menuju Kota Muaradua, terdapat dua lajur pada jalur pertama melewati jalan Protokol Pemerintahan Kabupaten OKU Selatan, jalur kedua melewati jalur jalan raya melewati kota Muradua, dan pada jalur ini diharapkan para pemudik berhati-hati, karena terdapat banyak lubang berbahaya, ”ujar Julius.

Ditambahkan Julius, selain pemetaan terhadap daerah rawan kecelakaan, Satlantas Polres OKU Selatan juga memasang rambu-rambu lalu lintas berupa papan peringatan yang dipasang di ruas jalan seperti di daerah titik-titik rawan longsor.

“Untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas atau titik rawan longsor di titik-titik tersebut sudah kita pasang papan himbauan. Kita harapkan kepada pengendara untuk mematuhi setiap himbauan yang ada,”Ujarnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Selatan Doni Agusta SKM MM mengimbau pemudik yang melintasi untuk mewaspadai beberapa titik rawan longsor. seperti di daerah Jalan Raya Ranau, Muaradua Kisam, Pulau Beringin dan Kota Muaradua,

“Hingga saat ini intensitas hujan di OKU Selatan masih cukup tinggi, Sehingga pemudik yang melewati jalur tersebut diimbau untuk waspada dan hati-hati. Karena jalan tersebut selain perbukitan, juga terdapat jurang yang tajam hingga rawan tanah longsor,”jelas Doni.

Menurut dia, potensi hujan tersebut diprakirakan terjadi pada sore hingga malam hari.”Oleh karena itu, pemudik bersepeda motor yang memasuki jalur yang rawan tanah longsor tersebut pada sore menjelang malam hari diimbau untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya hujan.”terangnya.(tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.