Header Ads

Es Pisang Ijo Khas Makassar

Baturaja Radio - Es Pisang IJo adalah salah satu makanan khas dari Sulawesi Selatan yang menjadi makanan yang sangat diminati saat ini dan cocok untuk di coba saat berbuka puasa. Dan Mungkuin anda bertanya apa sih es pisang ijo ??, es pisang ijo adalah makanan sejenis disert berbahan dasar pisang yang diselimuti dengan adonan tepung sagu yang berwarna Ijo (hijau) dan diberi santan, kemudian disiram dengan sirup, hadehh saya jadi ngiler jelasin es pisang ijo ini. Kalau urusan rasa es pisang ijo gak usah ditanya kenikmatan es pisang ijo ini. Es pisang ijo sangat cocok dinikmati pada siang-siang pas panas panas anda ninum es pisang ijo dijamin deh pasti tenggorokan seger kembali.
Dari pada anda penasaran apa itu es pisang ijo mending anda tetep nongkrong di blog ini. Karena kali ini saya akan berbagi Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo kepada anda, yang saya dapat langsung dari si penjual es pisang ijo, saya bela-belain tanya resep cara membuat es pisang ijo sebenarnya malu sih tapi demi anda semua, saya ngemis-ngemis minta resep es pisang ijo ini. Bahan untuk membuat es pisang ijo ini cukup sederhana banyak kok dijual di pasaran dan cara membuat es pisang ijo cukup sederhana. Saya yakin anda bisa membuat sendiri dirumah. Berikut Cara Membuat Es Pisang Ijo

Bahan-bahan Membuat Es Pisang Ijo
* 1/2 tetes pewarna hijau
* 50 g tepung sagu
* 175 g tepung beras, ayak
* 1/2 sdt garam
* 100 ml air daun suji
* 6 buah pisang raja matang
* 300 ml air

Bahan Untuk Bubur Pada Es Pisang Ijo
* 800 ml santan dari 1 butir kelapa parut
* 50 g tepung beras
75 g gula pasir
* 1 lembar daun pandan, simpulkan
* 1/4 sdt garam

Bahan Pelengkap Untuk Resep Es Pisang Ijo
* Es Serut
* 100 ml sirop cocopandan, siap pakai
* 100 ml susu kental manis

Cara Membuat Es Pisang Ijo
  1. Campurkan tepung beras, garam, air, air daun suji, dan pewarna hijau, aduk rata. Jerang di atas api kecil hingga mendidih sambil aduk-aduk agar adonan tidak berbutir. Angkat.
  2. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil aduk-aduk hingga kalis. Bagi adonan menjadi 6 bagian. Bulatkan dan tipiskan hingga 1/2 cm.
  3. Balut setiap pisang dengan adonan tepung beras hingga semua bagian tertutup rata.
  4. Rebus pisang dalam air mendidih hingga mengapung dan adonan matang. Angkat. Tiriskan. Sisihkan.
  5. Bubur: Campurkan santan, tepung terigu, gula pasir, daun pandan dan garam, aduk rata. Jerang di atas api sedang sambil aduk-aduk hingga kental. Angkat.
  6. Penyajian: Potong-potong pisang ijo. Letakkan di atas piring saji. Tuangkan bubur. Tambahkan es serut, sirop, dan susu kental manis. (detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.