Header Ads

5 Cara Agar Tetap Semangat Beraktivitas Saat Puasa

Baturaja Radio - Cara Agar Tetap Semangat Beraktivitas Saat Puasa, Saat datangnya bulan Ramadhan semua umat muslim tentunya menyambut dengan gembira dan penuh suka cita. Ketika bulan Ramadhan banyak hal hal istimewa yang didapatkan, yang mana pada bulan ini banyak hikmah yang kita dapatkan. Bahkan Allah SWT menjelaskan bahwa pada bulan ini pintu rahmat dibuka seluas-luasnya.
Selama satu bulan kita menjalankan puasa. Namun, terkadang dipertengahan bulan kita sering merasakan lelah dan tidak semangat dalam menjalankan aktivitas. Sehingga keadaan ini akan menghambat puasa maupun aktivitas yang dijalankan sehari-hari. Keadaan seperti itu merupakan keadaan yang wajar. Namun, agar tidak terus berlanjut kita perlu mengetahui cara agar tetap semangat beraktivitas saat puasa seperti di bawah.

Perhatikan Pola Makan Sahur 
 
Sahur merupakan kegiatan yang diisi dengan makan sebelum menjalankan puasa. Pasalnya, denan sahur maka kebutuhan akan nutrisi dan kerja tetap terpenuhi. Sahur yang baik bukan berarti jika anda mengkonsumsi makanan terlalu berlebihan. Namun, menu sahur yang sehat yaitu mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi yang cukup untuk tubuh. Oleh karena itu, agar anda tetap semangat menjalankan aktivitas saat puasa dan tidak mudah lelah, anda harus makan sahur dengan baik dan sehat. Apabila dibutuhkan anda bisa mengkonsumsi supleman atau vitamin.
  • Hindari makanan yang banyak mengandung minyak dan kambing, terutama jenis makanan yang mengandung daging merah secara berlebihan. Pada kandungan tersebut akan meningkatkan asam lambung dalam perut Anda sehingga menyebabkan mual dan muntah. Hal ini pastinya akan mengganggu Anda saat bekerja.
  • Perbanyak jumlah protein saat sahur, seperti Ayam tanpa kulit, telur, susu, ikan, tahu dan semacamnya. Saat melakukan aktivitas kerja, yang paling banyak terserap adalah sumber protein kita, maka harus digantikan segera dengan sumber kandungan protein yang mumpuni. 
Konsumsi Air Putih yang Cukup 
 
Meskipun anda sedang puasa, tetapi anda tetap harus menjaga kebutuhan cairan tubuh anda agar terhindar dari keadaan dehidrasi. Sangat dianjurkan untuk minum air putih yang banyak ketika sahur. Serta konsumsi juga banyak air putih pada saat buka puasa. Selain dapat membuat tubuh terhindar dari dehidrasi, air putih juga bermanfaat untuk organ tubuh lainnya seperti hati dan ginjal.
   
Perhatikan Pola Tidur 
 
Ketika puasa maka tubuh akan mudah lelah. Kelelahan tersebut jangan diperparah dengan pola tidur yang anda terapkan. Jangan sampai anda menerapkan pola tidur yang buruk. Efek buruk kurang tidur dapat membuat tubuh cepat letih, lemas dan lesu, serta akan mengganggu konsentrasi pada saat menjalankan aktivitas sehari-hari sehingga semangat pun akan hilang. Memperhatikan pola tidur merupakan cara agar tetap semangat beraktivitas saat puasa yang tepat.
Olahraga
 
Bulan puasa bukan berarti jadwal olehraga kita juga harus puasa. Dengan berolah raga tubuh kita malah akan lebih fit dan bugar. Yang perlu diperhatikan adalah porsi olahraga. Selama berpuasa lakukan olah raga yang ringan. Sesuaikan dengan kemampuan tubuh kita.    
 
Niat 
 
Niat merupakan hal utama agar tercapainya hal yang diinginkan. Begitu pun saat anda berpuasa. Jika anda memiliki niat, maka seberat apapun rintangan yang akan anda dapatkan ketika puasa maka anda bisa melaluinya dengan mudah. Namun, jika niat awal tidak ada maka rintangan yang kecil kemudian akan berubah menjadi besar.(www.daftarmenarik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.