Slider

GALERI

News

BUDAYA DAN WISATA

KULINER

TIPS

INFO

GALERI

» » Mendikbud akan Sebar Buku Cerita Nusantara di 34 Provinsi

Baturaja Radio - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan akan membagikan buku-buku cerita Nusantara. Buku cerita itu akan disebar di tiap titik dari 34 provinsi, terutama di daerah pinggiran.

"Buku cerita sudah kita program paling tidak ada satu titik ada 10.000 buku cerita Nusantara. Titik-titiknya itu bisa untuk kapubaten, kecamatan, provinsi," kata Muhadjir di Kemendikbud, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (17/5/2017).

Ia mengatakan buku cerita Nusantara itu sedang dicetak. Penyebaran buku diharapkan bisa berguna untuk meningkatkan minat baca masyarakat.


Nantinya, 10.000 buku per titik ini akan disebarkan melalui para pegiat literasi dan sekolah. Penyebaran buku ini ditargetkan di daerah pinggiran.

"10.000 per titik nanti melalui pegiat literasi dan sekolah. Nanti akan difokuskan di daerah pinggiran dimana akses untuk mendapatkan bahan bacaan baik elektronik dan kertas masih terbatas," ujarnya.

Penyebaran 10.000 buku cerita Nusantara ini juga diharapkan dapat menanamkan rasa nasionalisme dan toleransi. Di buku cerita tersebut dimasukkan cerita budaya masyarakat dari seluruh provinsi di Indonesia, di mana tiap budaya dari di tiap daerah berbeda.

"Itu buku dari Sabang sampai Merauke ceritanya sehingga nanti kalau anak baca buku itu mulai tumbuh kesadaran bahwa Indonesia ini sangat luas, kesadaran nasionalismenya. Misalnya anak Papua baca buku tentang anak-anak dari Sabang, Jawa, oh ternyata di sana ada budaya beda," ucapnya.

"Misalnya ada buku tentang upacara adat menyembelih babi, sementara untuk masyarakat tertentu kan babi tidak boleh. Jangan kemudian dicari negatifnya, oh ternyata di Indonesia ini beragam sekali ya tidak semuanya mengharamkan babi, tapi ternyata ada upacara adat di suatu daerah. Nah di situ guru bisa memberikan penjelasan agar tumbuh toleransi antar siswa itu," imbuhnya.

(https://news.detik.com)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply