Banner

Banner
Pemkab OKU

5 Tips agar Tetap Sehat saat Puasa Ramadan

Baturaja Radio - adalah bulan suci umat Muslim di seluruh dunia. Umat Muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, fokus terhadap amal dan doa selama sebulan penuh.
Puasa selama hampir 30 hari bisa sangat tidak mudah. Penting mengonsumsi makanan bergizi selama puasa untuk memberi energi dan tetap sehat.
Berikut adalah beberapa tips untuk menjalankan puasa Ramadan yang sehat dilansir dari laman India.com:

1. Makan daging panggang untuk berbuka puasa dan sahur
Selama sahur dan buka puasa, makanlah daging bakar, bukan daging goreng atau panggang. Hal ini akan membantu tubuh Anda agar tetap fit dan energik tanpa kenaikan berat badan.

2. Jangan konsumsi makanan olahan
Tingginya bahan kimia dan pengawet, makanan olahan merupakan pilihan yang buruk untuk berbuka puasa dan sahur. Cobalah untuk tidak makan permen dan makanan manis lainnya. Lebih baik memilih buah atau sayuran segar untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Konsumsi makanan yang menghidrasi
Karena Anda akan puasa sepanjang hari, penting untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan mengonsumsi makanan mengandung tinggi air. Minum jus buah segar dan air kelapa agar tetap terhidrasi. Cobalah untuk menghindari teh dan kopi, karena memicu dehidrasi.

4. Asupan protein dan karbohidrat yang seimbang
Seimbangkan makanan Anda dengan jumlah protein dan karbohidrat yang sama. Jangan berlebihan mengonsumsi karbohidrat, karena akan diubah menjadi gula. Kombinasikan nasi dan kentang dengan daging serta kacang untuk diet seimbang.

5. Batasi konsumsi gorengan dan makanan asin
Alih-alih menggoreng makanan Anda, pangganglah. Makanan digoreng sarat dengan minyak yang sulit dicerna dan menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini juga akan membuat Anda merasa lesu selama berpuasa. Makanan asin akan membuat Anda mengalami dehidrasi, jadi usahakan membatasi asupan garam Anda. (okezone.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.