Header Ads

13 Cara Menjaga Kesehatan Bagi Pekerja Malam yang Harus Dilakukan


Baturaja Radio - Bagi pekerja malam menjaga kesehatan sangatlah diperlukan, hal itu dikarenakan di saat orang lainnya beristirahat, dia justru bekerja dan memaksa organ yang ada di dalam tubuhnya juga bekerja. Hal itu sangat membahayakan bagi kesehatan pekerja shift malam itu sendiri. Banyak resiko berbahaya yang bisa terjadi pada orang yang bekerja pada malam hari misalnya saja adalah orang tersebut beresiko terkena serangan jantung  dan juga terkena diabetes.

Alasan pekerja shift malam rentan untuk terkena berbagai macam penyakit adalah dia melakukan pekerjaan dan bertentangan dengan siklus jam tidur yang alami. Efek ringan dari melawan jam tidur alami itu adalah dia bisa terkena gangguan tidur dan juga mengalami kelelahan.

Berikut ini ada beberapa tips kesehatan yang bisa dilakukan untuk cara menjaga kesehatan bagi pekerja malam atau orang yang sering bekerja saat malam hari :


  1. Menjaga Pola Makan
Hal pertama yang harus anda perhatikan untuk menjaga tubuh tetap sehat meski bekerja di malam hari adalah harus menjaga pola makan. Meski anda mengantuk saat pagi hari, usahakanlah untuk tetap makan makanan sehat. Jika anda tidak menjaga pola makan anda akibatnya adalah anda akan mudah sekali terkena gangguan kesehatan berupa maag dan juga asam lambung. Bagi orang yang belum memiliki penyakit maag dan belum memiliki penyakit lambung pekerja malam itu akan mudah sekali terkena penyakit lambung. Bagi yang sudah memiliki penyakit lambung dan sudah memiliki penyakit maag, saat dia bekerja malam dan tidak menjaga pola makannya maka penyakit lambung dan penyakit maagnya akan mudah kambuh.
  1. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat
Cara untuk menjaga kesehatan bagi pekerja malam adalah dia harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga makanan yang bergizi. Contoh makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat besi, makanan yang mengandung vitamin B6 dan yang tidak boleh dilupakan adalah pekerja malam harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C  hal itu dikarenakan vitamin C yang dikonsumsi bisa digunakan untuk menguatkan sistem imun. Sistem imun yang kuat bisa berguna untuk melawan kuman dan virus penyebab penyakit. Orang yang bekerja saat malam hari akan mudah sekali terkena pilek dan batuk, oleh sebab itu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin itu diharapkan bisa menjaga ketahanan tubuh pekerja shift malam.
  1. Jangan Mengkonsumsi Kafein
Banyak pekerja malam yang menjaga dirinya agar tidak mengantuk dengan mengkonsumsi kafein di saat malam hari. Banyak pekerja malam yang mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi untuk selalu menajga dirinya agar selalu terjaga. Boleh-boleh saja jika sehari hanya mengkonsumsi secangkir kopi, namun bagaimana jadinya jika kopi yang dikonsumsi lebih dari satu cangkir?, tentu hal itu akan sangat berbahaya bagi pekerja malam itu sendiri. Pekerja malam yang terbiasa mengkonsumi kafein secara berlebihan saat malam hari sebaiknya tahu apa saja efek bayaya kafein yang masuk ke dalam tubuhnya.


Kafein yang dikonsumsi saat malam hari justru akan mengganggu jam tidur saat siang hari, kafein justru akan membuat tubuh pekerja malam akan merasakan dehidrasi dan sering kehausan. Dehidrasi ini tidak boleh diabaikan sebab akan berpengaruh terhadap sistem organ yang ada di dalam tubuh manusia. Hal itu dikarenakan semua organ tubuh manusia terdiri atas cairan terutama darah. Darah hampir 90 persen komponennya adalah cairan. Jika tubuh kekurangan cairan maka darah akan menjadi pekat dan kental. Darah yang pekat tidak mampu diedarkan ke seluruh tubuh sehingga tubuh kekurangan asupan darah.
  1. Mengkonsumsi Cukup Cairan
Saat bekerja malam hari sebaiknya pekerja di malam hari mengganti kafein dengan segelas air putih hangat. Air putih hangat itu sangat berguna untuk menjaga kesehatan pekerja shift malam. Air putih itu bisa digunakan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup juga akan menghindarkan tubuh mengalami letih dan lesu, sehingga meskipun sering bekerja malam tubuh pekerja shift malam akan tetap bugar dan tidak lesu.
  1. Hindari Minuman Energi
Kadang orang yang bekerja terlalu banyak di malam hari akan mengalami kelelahan yang luar biasa. Saat itulah dia akan mengkonsumsi minuman energi untuk membuat tubuhnya tetap bugar. Namun siapa sangka jika minuman energi ini justru tidak bagus untuk kesehatan tubuh terutama untuk ginjal. Minuman energi itu memiliki kandungan kimia yang akan memberatkan kinerja ginjal. Tidak hanya itu saja minuman energi itu juga memiliki kandungan gula yang tinggi dan kafein yang tinggi. Ketika dikonsumsi terlalu sering minuman itu justru akan berdampak pada penyakit ginjal, penyakit diabetes bahkan juga menyebabkan penyakit hati atau liver.
  1. Mengontrol Konsumsi Gula
Bagi yang bekerja shift malam sebaiknya membatasi pengkonsumsian gula. Alasannya adalah gula merupakan musuh bagi kesehatan. Saat malam hari pembakaran gula juga tidak sempurna sehingga gula itu justru mengendap di dalam tubuh dan menyebabkan obesitas atau kegemukan. Kegemukan adalah penyebab berbagai masalah kesehatan sehingga jika kegemukan sudah datang menghampiri harus menjauhi berbagai makanan yang bikin gemuk.
  1. Hindari Soda
Minuman yang juga tidak boleh dikonsumsi ketika bekerja malam adalah minuman bersoda. Minuman soda itu merupakan minuman yang memiliki kalori yang tinggi sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dan setiap malam soda itu akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti diabetes, kencing manis dan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya.
  1. Berjalan-jalan
Bagi pekerja yang menghadap layar atau menghadap komputer sebaiknya setiap 3 jam sekali mata diistirahatkan tidak menatap layar, caranya anda bisa berjalan-jalan di sekitar kantor untuk melepaskan penat dan juga menyegarkan pikiran anda. Mata juga butuh istirahat dan tidak dianjurkan untuk menatap layar laptop terus menerus.
  1. Hindari Makan Berminyak
Makanan yang berminyak merupakan makanan yang harus dihindari saat malam hari, meskipun terasa lezat dimakan malam hari namun ada beberapa bahaya makanan berminyak yang bisa mengganggu kesehatan. Makanan yang digoreng bisa membuat kadar kolesterol menjadi meningkat, ketika kolesterol meningkat akan muncul berbagai macam komplikasi kesehatan lainnya. Salah satu makanan yang sering dikonsumsi saat malam hari adalah gorengan, bagi pekerja malam yang menyukai gorengan sebaiknya mengetahui bahaya mengkonsumsi gorengan terlalu sering bagi kesehatan.
  1. Hindari Makanan Cepat Saji
Hidup manusia semakin dimudahkan dengan segala hal yang serba cepat. Tidak hanya teknologi saja yang semakin berkembang dengan pesat namun pelayanan makanan pun juga menjadi cepat. Ada restoran cepat saji yang mampu memberikan pelayanan 24 jam kepada konsumennya. Oleh sebab itu bagi anda yang bekerja pada malam hari sebaiknya menghindari makanan cepat saji tersebut. Selain tidak memiliki kandungan gizi yang cukup, makanan cepat saji memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.
Kandungan lemak jenuh yang tinggi itu justru sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jika anda bekerja malam hari, alangkah baiknya anda menyiapkan bekal yang dimasak sendiri dari rumah atau anda bisa meracik bahan-bahannya di rumah dan anda bisa memasaknya ketika di kantor. Hal tersebut justru lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan cepat saji setiap harinya.
  1. Tidur Cukup di Siang Hari
Meskipun tidak seefektif tidur saat malam hari, pekerja shift malam ada baiknya mengganti jam tidurnya dengan tidur saat siang hari. Tidur di siang hari ini sangatlah penting bagi pekerja di malam hari sebab stamina yang terkuras saat malam hari bisa dipulihkan dengan tidur di siang hari.(http://halosehat.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.