Header Ads

Tjahjo Kunjungi Kantor Mendagri Pertama RI R.A.A Wiranata di Yogyakarta

Baturaja Radio - Banyak bangunan bersejarah yang masih terawat dengan baik di Yogyakarta, di antaranya adalah bangunan tua yang pernah menjadi kantor Menteri Dalam Negeri pertama Indonesia yang berada di Jalan Melati Kulon No 1 Yogyakakarta.

Kantor tersebut sekarang menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Regional (Pusdiklat) Yogyakarta di bawah Kemendagri. Mendagri Tjahjo Kumolo masuk dan melihat ruangan tempat kerja Mendagri pertama R.A.A Wiratama. Tjahjo mengaku baru mengetahui kantor Kemendagri pada masa peralihan kemerdekaan pada tahun 1946 ada di tempat itu.

"Baru tahu ya bahwa ternyata pada jaman peralihan kemerdekaan itu kantor Kemendagri ada di sini pada tahun 1946. Sudah ada kesepakatan dengan pihak Pusdiklat bahwa ini cagar budaya yang harus dipertahankan, dan bisa jadi salah satu obyek sejarah yang menjadi bagian pemerintah NKRI yang berada di Yogya pada saat itu," kata Tjahjo Kumolo di Pusdiklat Regional Yogyakarta, Rabu (7/9/2016).

Tjahjo juga mengatakan, bagi Kemendagri, sebagai pusat diklat nasional nantinya para calon Sekda, kepala daerah yang telah ikut Pilkada dan menang, maka perlu ada kursus kepimpinan nasional paling tidak selama 1 minggu untuk membangun pola pikir yang komprehensif integral sebagai sesama kepala daerah.

Meski mereka berbeda daerah dan geografis, beda suku, Agama, tetapi ada satu kesatuan bahwa mereka memerintah dalam sebuah negara yang satu yang utuh NKRI. (detik)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.