Header Ads

Pasukan Perdamaian TNI di Lebanon Raih Medali Kehormatan dari PBB

Baturaja Radio - Prajurit TNI yang tergabung dalam kontingen Garuda UNIFIL 2015-2016 di bawah pimpinan Kol Kav Jala Argananto raih medali kehormatan PBB. Pasukan ini bertugas di Lebanon.

Dalam keterangan yang disampaikan pasukan Garuda UNIFIL, Jumat (2/9/2016), medali kehormatan ini karena telah berpartisipasi dalam menjaga perdamaian di bumi Lebanon. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo hadir dalam penyematan medali kehormatan.

Panglima TNI juga melakukan beberapa kunjungan kehormatan (courtesy call) ke beberapa pejabat tinggi pemerintah seperti Menhan Lebanon dan Panglima LAF. Panglima TNI menyempatkan untuk mengunjungi Satgas MTF KRI Bung Tomo-357 di pelabuhan Beirut.


Setelah melakukan pertemuan dan kunjungan ke beberapa tempat, Panglima TNI beserta rombongan menghadiri pelaksanaan medal parade Kontingen Garuda yang diselenggarakan terpusat di Markas Indobatt UNP 7-1 Adchit Al Qusayr. Rangkaian awal kegiatan yaitu penyambutan jajar kehormatan kepada Panglima TNI.

Setelah menerima Jajar kehormatan, para Prajurit TNI yang bertugas di Lebanon tersebut menerima pengarahan dari Panglima TNI di Lapangan Soekarno UNP 7-1. Panglima TNI menyampaikan rasa bangganya terhadap prajurit dan menekankan bahwa prajurit yang ditugaskan ke daerah misi ini merupakan prajurit-prajurit pilihan melalui seleksi yang dapat mengharumkan nama baik bangsa dan negara.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan selama berada di Lebanon telah bertemu dengan pejabat tinggi pemerintah Lebanon dan keseluruhannya menyampaikan apresiasi yang sangat baik terhadap Kontingen Garuda dalam setiap penugasannya, apresiasi tersebut harus tetap dijaga oleh seluruh Prajurit TNI Kontingen Garuda.

Setelah menerima pengarahan, para prajurit TNI melaksanakan upacara penyematan Medali Kehormatan PBB yang merupakan tanda jasa yang diberikan kepada setiap Peacekepeers yang telah memenuhi syarat sebagai sebuah bentuk penghargaan atas partisipasi aktif dalam keikutsertaan menjaga perdamaian dunia.

Upacara dilaksanakan dengan hikmat, dengan Komandan Upacara Letkol Inf Dwi Sasongko, S.E. yang juga Dansatgas Indobatt dan Force Commander UNIFIL Mayjen Michael Beary selaku Inspektur upacara.

Seusai pelaksanaan Upacara, dilanjutkan parade dan defile pasukan dan alutsista dengan diiringi Drumband Senada Tengkorak yang tampil memukau para tamu undangan. Tidak kalah memukaunya, para tamu undangan disuguhkan dengan penampilan terbaik para Prajurit TNI seperti tarian tradisional khas Indonesia, beladiri dan demontrasi pemecahan.


Turut hadir dalam upacara medal parade tersebut Dubes RI untuk Lebanon Ahmad Chauzin, Letjen TNI (purn) Johanes Suryo Prabowo, Letjen TNI (purn) T.B. Silalahi, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Agung Risdhiarto, M.B.A, Aspers Panglima TNI Marsda TNI Bambang Samoedro, Kabais TNI Mayjen TNI Yayat Sudrajat, Kapuspen TNI Mayjen TNI Tatang Sulaiman, Pangdivif 1 Kostrad, Brigjen TNI A.M. Putranto, Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko W., Komandan PMPP TNI Brigjen TNI Achmad Marzuki, Penmil PTRI Brigjen TNI Jamaludin, Penasehat Panglima TNI Bidang Hublu Marsma TNI (purn) Prayitno, pejabat tinggi pemerintah Lebanon dan masyarakat Lebanon.(https://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.