Header Ads

Komjen BG Calon Kepala BIN, Meutya Hafid: Sebagian Besar Anggota Komisi I DPR Mendukung

Baturaja Radio - Surat pertimbangan pengangkatan Komjen (Pol) Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kepala BIN yang dikirim Presiden Jokowi menjadi kabar baik bagi DPR. Sebagian besar anggota fraksi di Komisi I DPR mendukung pengangkatan tersebut.

"Karena surat baru sampai kemarin, saya belum bisa bicara keseluruhan fraksi. Tapi keseluruhan besar yang saya tahu, sebagian besar mendukung surat dari Presiden karena dianggap membawa berita yang baik bagi teman-teman di fraksi di Komisi I DPR sebagian besar," ujar Meutya Hafid, Wakil Ketua Komisi I DPR dalam diskusi di Gado-Gado Boplo Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/9/2016).

Meski mendapat reaksi positif dari sebagian besar anggota Komisi I, Meutya belum dapat memastikan hal tersebut bakal memuluskan jalan bagi BG untuk segera diangkat menjadi Kepala BIN.

"Saya nggak bisa mendahului takdir. Proses harus melalui paripurna dibacakan. Kemudian ada masukan-masukan dari anggota DPR. Jika disepakati, paripurna menugaskan ke Komisi I, baru Komisi I melakukan fit and proper test dan dikembalikan ke forum paripurna. Jadi saya tidak mau mendahului proses proses ini karena tidak patut," kata anggota fraksi partai Golkar itu.

Dijadwalkan, pada Selasa pekan depan, DPR akan melakukan rapat paripurna dengan membacakan surat Presiden Jokowi terkait pengangkatan Komjen Budi Gunawan sebagai Kepala BIN. Sementara uji kelayakam dan kepatutan (fit and proper test) akan diselenggarakan Komisi I pada Rabu (7/9).

"Fit and proper test di Komisi I hari Rabu. Hari Kamis, paripurna pengambilan keputusan," ungkap Ketua DPR Ade Komarudin.
(http://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.