Header Ads

Jika Disetujui DPR, Jokowi Akan Lantik BG Jadi Kepala BIN Usai Pulang dari China dan Laos

Baturaja Radio - Presiden Joko Widodo mengajukan nama Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ke DPR. BG akan dilantik sebagai Kepala BIN setelah Jokowi selesai melakukan kunjungan kerja di China dan Laos pekan depan.

Surat pengajuan BG sebagai Kepala BIN oleh Presiden Jokowi sudah dikirimkan kepada DPR melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Bapak Presiden secara resmi telah menandatangani surat untuk pencalonan Saudara Budi Gunawan menjadi calon kepala BIN. Ditandatangani pada hari Kamis kemarin dan surat telah dimasukkan oleh Pak Pratikno pada pagi hari ini jam sembilan," ujar Pramono di sela kunjungan kerja Presiden Jokowi di Hangzhou, Tiongkok, seperti yang dilansir oleh Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (2/9/2016).

Menurut Pramono, bila DPR memberikan persetujuannya, pelantikan Budi Gunawan akan segera dilakukan usai Presiden Jokowi kembali dari kunjungan kerjanya ke China dan Laos.

"Mudah-mudahan dalam proses fit and proper test di DPR tidak ada permasalahan. Sehingga dengan demikian kalau memang semuanya berjalan lancar maka setelah kembali dari acara G-20 dan KTT ASEAN ini tentunya Presiden akan segera melantik yang bersangkutan untuk menjadi Kepala BIN," katanya.

Pramono juga menegaskan bahwa Presiden Jokowi telah mempertimbangkan apakah akan memberi penugasan khusus ataupun tidak kepada Sutiyoso. Namun, Pramono mengakui bahwa hal tersebut hanya diketahui oleh Presiden dan Sutiyoso sendiri.

"Pak Sutiyoso pada Selasa lalu juga telah dipanggil oleh Presiden dan sudah diberikan arahan. Mengenai apa tugas yang diberikan kepada Pak Sutiyoso hanya Presiden yang tahu," ucapnya. (detiknews)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.