Header Ads

Serunya Pelepasan Pramuka Thailand dan Indonesia untuk Jambore Nasional 2016

Baturaja Radio - Suasana sederhana namun hangat begitu terasa pada acara pelepasan Kontingen Pramuka Thailand dan Kontingen Pramuka Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) yang akan berpartisipasi pada Jambore Nasional Indonesia, 12 - 22 Agustus 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur. Keduanya dilepas oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand Ahmad Rusdi dan Anggota Komite Tetap Urusan Pramuka, Senat Thailand Dr. Anatchai Rattakul.

Acara pelepasan diselenggarakan di Wisma Indonesia Kedutaan Besar RI Bangkok pada tanggal 5 Agustus 2016. Suasana tersebut mencerminkan tema Jambore Nasional ke-10 yang memang mengusung tema "Keren, Gembira, dan Asyik". Pada acara tersebut hadir juga 8 (delapan) orang pengurus Pramuka Thailand.

Acara pelepasan tersebut memang sengaja dirancang agar para Pramuka Penggalang Thailand dan SIB yang usianya masih berkisar antara 13-15 tahun sudah mengenal makna dan arti penting persahabatan dan kerjasama bilateral Indonesia-Thailad sejak usia remaja.

"Melalui acara pelepasan pelepasa bersama dan partisipasi pada Jambore Nasional Indonesia, mudah-mudahan para pramuka remaja Thailand dapat lebih mengenal wajah Indonesia lebih dini dan memupuk bersahabat dengan teman-teman dari Pramuka Indonesia," ujar Duta Besar Ahmad Rusdi pada sambutannya, seperti yang disampaikan dalam rilis yang diterima detikcom, Sabtu (6/8/2016).

Suasana gembira tercermin ketika 50 orang remaja Pramuka Penggalang Thailand dan 10 orang remaja Pramuka Penggalang SIB tampak riang berbaur dan saling mengajari pekik Salam Pramuka khas masing-masing negara dan dengan penuh semangat. Selain itu, Pramuka Penggalang kedua negara tersebut tampak bercengkerama dan saling bercerita pengalaman masing-masing seolah mereka sudah kenal lama.

Sementara itu, dalam sambutannya, Dr Anatchai Rattakul menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Duta Besar Ahmad Rusdi yang telah berupaya mendorong partisipasi Pramuka Penggalang Thailand berpartisipasi pada Jambore Nasional Indonesia ke-10 sebagai bagian penting dari people to people contact dan peningkatan saling mengenal antara kedua bangsa.

Pada acara tersebut, Dr Anatchai juga menyematkan Pin Ulang Tahun Ratu Sirikit di seragam Pramuka Ahmad Rusdi sebagai bentuk penghargaan yang tinggi dari Pramuka Thailand atas kiprah Ahmad Rusdi memajukan hubungan bilateral Indonesia-Thailand bidang kepramukaan. Selain pernah menjabat berbagai posisi penting di dalam negeri dan saat ini sebagai Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi.

Sebagai informasi Rusdi telah lama aktif di Kwartir Pramuka Nasional. Di Kwarnas, saat ini Ahmad Rusdi menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri. Di tingkat regional, Ahmad Rusdi juga menjadi Anggota Komite Gerakan Kepanduan Kawasan Asia Pasifik. Pramuka memang telah menjadi salah satu passion Ahmad Rusdi yang membawanya menjadi pribadi yang disiplin.(https://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.