Header Ads

Lawan Kebakaran Lahan, BNPB Kirim 2 Heli untuk Sumatera dan Kalimantan

Baturaja Radio - Untuk penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) BNPB mengirim bantuan 2 heli. Bantuan ini untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Demikian disampaikan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger kepada detikcom, Senin (8/8/2016).

Edwar menjelaskan kedua heli tersebut adalah, jenis Bell 24 untuk memperkuat tim Satgas Karhutla. Kedua heli ini tiba di Pekanbaru pada Minggu (7/8) sore.

"Dari keterangan BPNP ke kita, satu heli ini nantinya akan dikirim ke Kalimantan, sedangkan yang satu ada di Riau. Kedua heli ini home base di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru," kata Edwar.

Namun demikian, lanjut Edwar, kedua heli Bell24 ini belum bisa dioperasikan. Pihak BNPB masih melakukan permohonan izin operasional ke Kemenhub.

"BNPB berusaha agar kedua heli ini segera mendapat izin operasionalnya. Bila izin sudah keluar, satu heli akan segera dikirim ke Kalimantan dan satu lagi ditempat kita akan memperkuat tim yang sudah ada," kata Edwar.

Dia menjelaskan, sebelumnya tim Satgas Karhutla Riau, sudah dua unit air tractor dan dua unit heli. Ini ditambah lagi pesawat Cassa yang diperbantukan BPPT untuk melakukan teknologi modifikasi cuaca.

"Kita sudah bekerja maksimal dalam penanggulangan Karhutla. Kita tetap siaga mengingat puncak kemarau di Riau diperkitakan di bulan september," kata Edwar.(detik)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.